HUT 67 Kulon Progo

Wates - Masyarakat Kulon Progo melaksanakan upacara di Alun-alun Wates dengan busana dan Bahasa Jawa untuk memperingati 67 tahun berdirinya Kabupaten Kulon Progo, Senin (15/10). Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, dan dihadiri oleh Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), Wakil Bupati Kulon Progo Drs. Sutedjo, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKORPIMDA), Kepala DPRD beserta anggotanya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tokoh Masyarakat, Aparat Sipil Negara (ASN), serta masyarakat Kulon Progo.

 

Rangkaian upacara diawali dengan menyanyikan Mars Kulon Progo, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bupati Kulon Progo, masuknya Lambang Daerah Kabupaten Kulon Progo menuju lapangan upacara, mengheningkan cipta, sambutan Gubernur/Wakil Gubernur DIY, do’a, keluarnya Lambang Daerah Kabupaten Kulon Progo, dan diakhiri dengan penampilan kesenian tari Gelar 1000 Angguk.

 

Bupati Kulon Progo menyampaikan sambutannya kepada Wakil Gubernur dalam Bahasa Jawa yang menjelaskan mengenai tema hari jadi ke-67, yaitu: “dengan Semangat Kebersamaan dalam Keberagaman, Kita Songsong Kejayaan Kulon Progo”.

 

“(dalam Bahasa Jawa) Tema tersebut menggambarkan bahwa saat ini kita sedang memiliki pekerjaan besar dalam bidang pembangunan yang tidak akan bisa selesai dengan baik dan tuntas jika tidak ada rasa kebersamaan. Guyub rukun dan persatuan menjadi kekuatan yang besar untuk mencapai hasil yang sempurna. Meskipun berbeda-beda adat, budaya, tradisi, agama, dan strata sosial, hal tersebut harus kita jadikan sebagai kekuatan yang dapat bersatu untuk menyelesaikan pekerjaan kita dengan sempurna,” paparnya.

 

Selain itu, Hasto juga menyampaikan mengenai pekerjaan-pekerjaan apa saja yang telah maupun sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo beserta masyarakat pada tahun ini, yaitu pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA), Pameran Manunggal Fair, menyelenggarakan berbagai pertandingan, Gebyar Senam, Ziarah Makam Mantan Bupati Kulon Progo, menyelenggarakan Malam Tirakatan dan do’a bersama (seluruh agama), melaksanakan Sidang Paripurna Istimewa di DPRD Kabupaten Kulon Progo, melaksanakan Upacara Peringatan Hari Jadi ke-67 Kabupaten Kulon Progo, serta melaksanakan Festival Budaya Menoreh.

 

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menyampaikan sambutan dari Gubernur DIY yang berisi tentang harapannya terhadap Kabupaten Kulon Progo di usia ke-67 ini agar dapat terus maju, mandiri, berkembang, serta sejahtera lahir batin. Selain itu, Gubernur DIY berharap masyarakat Kabupaten Kulon Progo agar lebih semangat untuk bergerak dan berkarya bersama dalam upaya mewujudkan Kabupaten Kulon Progo yang benar-benar sejahtera dan mandiri.

 

“Seluruh komponen di Kabupaten Kulon Progo harus dapat mendukung serta mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan berakhlak mulia melalui peningkatan kemandirian, kompetensi, ketrampilan, etos kerja, serta tingkat pendidikan, kesehatan, dan kualitas keagamaan yang lebih baik. Sekaligus dapat mewujudkan peningkatan kapasitas kelembagaan dan aparatur pemerintahan yang berorientasi pada prinsip-prinsip clean government dan good governance,” kata KGPAA Paku Alam X dalam sambutannya.