Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman Tertarik Sistem Informasi Desa (SID) di Kulon Progo

Keberhasilan Kulon Progo dalam mencanangkan Smart City menarik perhatian pemerintah daerah lain. Kabupaten Kulon Progo terpilih sebagai salah satu dari 50 kabupaten/kota untuk mengikuti program gerakan menuju 100 Smart City Indonesia tahap 2.  

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatra Barat melakukan kunjungan kerja  ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kulon Progo. Di ruang Sermo kompleks Pemkab Kulon Progo. Rabu (9/9/2019),

Rombongan berjumlah  19 orang dan dipimpin langsung oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman, Muhammad Fadhly. S. AP, MM., diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jumanto, S.H., dan Kepala Dinas Kominfo Kulonprogo, Drs. Rudityatno, MM.

Muhammad Fadli mengatakan kunjungan kerja tersebut dalam rangka belajar bagaimana mengelola pemerintahan di era digital.

“Sebenarnya kami sudah lama berencana mengunjungi Kulon Progo, namun baru terlaksana pagi ini.  Nah, kami sengaja  bersama - sama datang kesini karena ada banyak sekali keterkaitan yang akan kami kembangkan sehubungan dengan Sistem Informasi Desa (SID), kemudian pemanfaatan data kependudukan yang sudah dilakukan di Kulon Progo. Termasuk bagaimana konektivitasnya dengan SID dan juga inovasi desa digital yang sudah dibangun di Kulon Progo untuk  dijadikan  bahan belajar bagi kami untuk kedepannya bisa melangkah lebih pasti dalam mengelola pemerintahan di era digital  seperti sekarang,”ujarnya. 

Sementara  Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jumanto menyampaikan Saat ini 87 desa di Kabupaten Kulon progo, semuanya telah terdaftar dalam domain desa.id dan  menggunakan Open SID. Penggunaan Open SID ini kami pandang sebagai cara yang paling efektif dan efisien karena sistem ini bersifat  terbuka, tidak berbayar, dan dapat dikembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.  

”Atas nama Pemerintahan Kabupaten Kulon Progo kami mengucapkan selamat datang dan kami ucapkan terimakasih atas terpilihnya Kabupaten Kulon Progo  sebagai tempat kunjungan kerja, semoga kedatangan bapak ibu sekalian dapat mempererat tali silaturahmi dan menjalin hubungan kerjasama yang baik “ ujar Jumanto.  

Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Kulon Progo Drs.Rudiyatno,MM menambahkan Kominfo Kulon Progo juga telah menyelenggarakan pelatihan layanan administrasi Desa berbasis aplikasi dengan nama SID (Sistem Informasi Desa). Dengan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi Desa pengguna aplikasi, baik dari sisi akurasi, maupun kecepatan pelayanan

Setelah melakukan kunjungan ke Diskominfo Kulon Progo, rombongan melakukan kunjungan langsung ke Kecamatan Pengasih tepatnya di Desa Karangsari yang sudah menerapkan Sistem Informasi Desa dan juga Smart Village guna untuk melihat secara langsung bagaimana Smart Village diterapkan di Desa tersebut. (MC Kulon Progo/ Citra A.S/Ajeng/Hary).


Related Articles