Presiden Joko Widodo Tiba Di Kulon Progo : Tinjau Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau pembangunan Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Kamis (29/8/2019). Dalam kunjungan, Presiden bersama Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Presiden Jokowi disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, dan Kapolda DIY Irjen Ahmad Dofiri.

Presiden RI dimulai melihat maket gedung keseluruhan YIA di lantai 1 dengan dipandu oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, kemudian dilanjutkan menuju lantai 3 untuk inspeksi proses pembangunan yang sedang berlangsung.

Menurut Presiden Jokowi progres pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta sangat baik

"Ini adalah pembangunan airport yang paling cepat di Indonesia, mungkin di Dunia, ini cepat sekali ini," ujar Presiden Jokowi

Sementara itu, Direktur Utama AP 1 Faik Fahmi mengatakan progres bandara sudah 76 persen, sesuai dengan kontrak Juni 2020, selama dua tahun. Akan kami selesaikan pada Desember, sehingga waktu penyelesaian total hanya 17 bulan. Pembangunan YIA dari sisi kualitas sangat bagus, percepatan dari sisi pembangunan bandara juga menjadi  yang tercepat di Indonesia.

“Nantinya selesai pembangunan dapat dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui kegiatan tourism. Sehingga dapat mengembangkan tempat wisata di Jawa Tengah dan DIY,” jelasnya.

Faik Fahmi menambahkan terkait dengan pembukaan penerbangan Internasional, menunggu selesai pembangunan fisik sampai Desember 2019 dan YIA beroprasi secara penuh ditargetkan di Mei 2020. Rencana rute domestik dilakukan di akhir januari atau Februari, sedang untuk Internasional mengacu pada musim Summer dan Winter sekitar April. MC Kulon Progo/hry.


Related Articles