90 Kontingen Lomba Pawai Semarakan HUT ke-74 RI di Kulon Progo

Lomba pawai semarak Kemerdekaan 2019 Kabupaten Kulon Progo merupakan rangkaian acara untuk menyemarakan HUT ke-74 RI. Lomba pawai diawali oleh barisan purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Kulon Progo 2019, Selasa (20/8/2019). Lomba berlaku untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan Instansi/Umum.

Lomba pawai yang diselenggarakan oleh Panitia HUT ke-74 RI Kabupaten Kulon Progo diikuti 90 kontingen peserta yang terdiri dari SD 22 kontingen, SMP 18 kontinge SMA 31, kontingen dan peserta dari Instansi 19 kontingen.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Rusdi Suwarno, S.IP, M.M menyampaikan Lomba pawai membentuk generasi muda yang lebih cinta tanah air, bekerja keras dan ajang berkompetisi dalam rangka peningkatan SDM yang unggul sesuai tema HUT ke 74 RI, SDM unggul Indonesia Maju.

“Yang membedakan dari tahun sebelummnya adalah jumlah display di kurangi menjadi tiga titik, sebelummnya ada empat titik lokasi display, mengingat jika sampai empat titik akan menggangu ibadah, salat Magrib,” kata Rusdi Suwarno

Rusdi Suwarno menambahkan kategori penilaian lomba bari berbaris kali ini adalah ketepatan waktu, kerapian, kekompakan, dan keutuhan kontingen. Penghargaan di berikan di setiap jenjang pleton ada juara 1, 2, 3 untuk kelas putra dan putri.  

Sementara itu, Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo mengatakan sangat mengapresiasi serta mendukung kepada panitia HUT kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 beserta semua pihak, atas terselenggaranya kegiatan Pawai tingkat Kabupaten Kulon Progo.

“Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang setiap tahun diselenggarakan oleh setiap elemen masyarakat pada masing-masing tingkatan, merupakan manifestasi rasa kebahagiaan, rasa kebanggaan terhadap tanah air dan ungkapan rasa gembira telah terbebas dari belenggu penjajahan bangsa lain,” ungkapnya.

Sutedjo mengajak seluruh elemen bersama-sama mengobarkan semangat guna membangun bangsa dan negara ini agar lebih maju dan sejahtera. Bersatu padu bahu membahu membangun Bangsa. Mari kita perangi juga narkoba, korupsi, dan terorisme yang setiap saat mengancam anak bangsa, generasi muda serta seluruh elemen bangsa Indonesia.

Rute yang akan ditempuh untuk tingkat SD mulai dari alun-alun Wates-depan Pemkab-Watulunyu-Simpang empat UNY, dan selesai di depan SD Percobaan 4 dengan aturan waktu tempuh 60 menit. Untuk rute tingkat SMP, SMA, umum dan instansi mulai dari alun-alun Wates-depan Pemkab-Watu lunyu-Serut-Dayakan- berakhir di SMP N 3 Pengasih dengan engan waktu tempuh 70 menit.

Lomba Pawai Semarak Kemerdekaan 2019 merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-74 RI dan kegiatan akan dilanjutkan dengan Lomba Karnaval Budaya pada tanggal 25 Agustus 2019 di Lapangan Pengasih pukul 08.00 WIB. MC Kulon Progo/hry.


Related Articles