Lawan Hoax, Dorong Generasi Milenial Bijak Bermedia Sosial

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY menyelenggarakan Sosialisasi Bijak Bermedia Sosial di Gedung Aula Adikarto, Kompleks Pemkab Kulon Progo, Minggu (18/8/2019). Dihadiri oleh pelajar, mahasiswa, karang taruna, dan generasi milenial se-Kulon Progo. Sosialisasi diawali dengan sambutan panitia kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber.

Menghadirkan narasumber Ir. Ronyprimanto Hari, MT. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, Drs. Rudiyatno, MM. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kulon Progo dan Septiaji Eko Nugroho, ST., M.Sc. dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kulon Progo Rudiyatno memnyampaikan Kabupaten Kulon Progo termasuk program 100 Smart City di Indonesia dan terus digiatkan nantinya akan diintegrasikan pada satu aplikasi. Melalui Dana Keistimewaan di Kulon Progo sudah terpasang internet di 60 Desa, dilakukan mulai dari bulan Agustus dengan tujuan untuk mengembangkan potensi desa di Kabupaten Kulon Progo secara online.

Ronyprimanto Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika DIY dalam pemaparannya menekankan generasi muda dapat memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan karya - karya produktif. “Saat ini Dinas Kominfo DIY baru menyelengarakan pelatihan dan pendampingan pemberdayaan UMKM, untuk meningkatkan produktifitas untuk masyarakat dan meningkatkan taraf hidup malalui teknologi informasi.

Kemudian penyampaian materi terakhir oleh Septiaji Eko Nugroho dari MAFINDO menjelaskan fokus menyadarkan masyarakat untuk bisa menggunakan media sosial  dengan baik terhindar dari hoax. Pengguna internet dapat berdampak positif dengan mudahnya akses informasi tanpa batas. Serta generasi muda mampu berkreasi dan menjadi influencer dan lebih aktif karena saat ini banyak kompetensi.

Generasi milenial dan masyarakat diharapkan mampu menyaring informasi sebelum sharing. Isu hoax dapat di cari klarifikasi kebenaran berita yang berkembang dan beredar di media sosial, melalui trunbackhoax.id, cekfakta.com, aplikasi Hoax Buster Tools dan dari Kominfo RI ada stophoax.id.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan semangat kepada anak muda sebagai generasi milenial untuk inovatif, kreatif, produktif dan berhati-hati konten yang ada di internet sebagai jejak digital dan menyaring sebelum sharing informasi yang di dapatkan. MC Kulon Progo/hry


Related Articles