Penilaian SAKIP 2019, Pemkab Kulon Progo Gelar Rapat Evaluasi

Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) bersama Inspektorat Kabupaten Kulon Progo melakukan rapat  persiapan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) oleh Pemda DIY, Selasa (6/8/2019), di Ruang Rapat Glagah Gedung Bianangun I, Kompleks Pemkab Kulon Progo. Hadir dalam acara tersebut,

Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo Bambang Sutrisno S.Sos., M.Si., dan Kepala Sub Bagian Pengembangan Kinerja Perangkat daerah Setda Kabupaten Kulon Progo  Francisco Sebastiao Florindo Abrantes, S.Sos., dan diikuti oleh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan di Kabupaten Kulon Progo.

Bambang Sutrisno menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan perihal evaluasi SAKIP Kabupaten/Kota dalam rangka persiapan pelaksanaan evaluasi Reforrnasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja lnstansi Pemerintah (SAKIP). Pada 2018 Kulon Progo meraih predikat A dengan nilai 80,78 merupakan salah satu dari 10 kabupaten/kota di Indonesia.

“Evaluasi SAKIP dilaksanakan terhadap Iima komponen besar manajemen kinerja yang meliputi perencanaan kinerja, pengendalian, pelaporan, pengendalian internal dan capaian kinerja,” ujar Bambang.

Bambang Sutrisno menambahkan pelaksanaan evaluasi SAKIP, informasi sementara dari Irda DIY dilaksanakan pada awal September 2019, namun untuk sampling pelaksanaan pada 2019 ini masih belum ada informasi, tetapi pada 2018 sampling pelaksanaan yang ditetapkan sejumlah 20 OPD dengan OPD wajib yakni Irda, Bappeda, BKAD dan BKPP.

Sementara itu, Francisco Sebastiao Florindo Abrantes mengungkapkan bahwa tentunya ada target peningkatan dalam proses penilaian kinerja yang telah dilakukan Irda Provinsi.

“Kami mohon untuk teman – teman OPD dapat mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan lebih baik. Diharapkan membentuk panitia kecil di internal setiap OPD terkait dengan pelaksanaan evaluasi SAKIP,” jelasnya.

Francisco menambahkan dokumen yang perlu dipersiapkan antara lain Renstra 2017 – 2022, Renja/RKT 2018, Perjanjian Kinerja 2018 dan 2019, Rencana aksi 2018, Evaluasi perjanjian kinerja secara berjenjang 2018 dan 2019, Laporan kinerja 2018, Bukti Publikasi dokumen SAKIP 2018, SOP pengumpulan dan pengolahan data kinerja dan dokumen keselarasan. MC Kulon Progo/hry


Related Articles