Forum PPID se-DIY : 100 Persen PPID Desa di Kulon Progo Terbentuk

Guna menjalin koordinasi, Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) se-DIY melaksanakan Forum Komunikasi PPID DIY di Rumah Makan (RM) Wirosani, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, Senin (29/7/2019). Pada forum PPID kali ini, Kabupaten Slemanmenjadi tuan rumah.

Forum ini sebagai ajang silaturahmi antar PPID kabupaten dan kota, untuk menyamakan presepsi program pemerintah dalam menerapkan keterbukaan informasi publik.

Kepala Diskominfo Kulon Progo Drs. Rudiyatno, M.M., dalam sambutannya mengatakan saat ini PPID Desa di Kulon Progo sudah sudah lebih baik di DIY. Ada 87 Desa terbentuk semua dengan keputusan kepala desa. Namun sifatnya baru minimalis. Sudah ada SK dan Perbub tentang PPID Desa.

“Masih banyak hal yang harus di tingkatkan lagi, tentunya Komisi Informasi Daerah (KID) DIY. Kami membuat form untuk masing – masing desa untuk membuat SK. Sehingga memudahkan desa untuk membuat SK,” jelasnya.

Kerjasama dengan menggandeng Komisi Informasi Daerah (KID) DIY, untuk sosialisasi gencar lakukan Dinas Komunikasi dan Informatika di kecamatan dengan mengundang para kepala desa.

Sementara itu, Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Komisi Informasi Suharnanik Listiana, S.Sos. memaparkan evaluasi yang dilakukan KID DIY terhadap penerapan keterbukaan informasi publik.

“PPID Desa, untuk Kabupaten Kulon Progo yang sudah 100 persen semua desanya membentuk PPID. Sementara itu untuk Kabupaten Sleman, progresnya cukup bagus, edaran kami terkait PPID desa sudah ditindaklanjuti dengan menerbitkan edaran bupati kepada desa-desa,” papar Suharnanik.

Forum PPID ini dihadiri PPID dari Kabupaten Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan KID DIY. Dalam forum ini banyak pendapat yang mengemuka dari setiap pengelola PPID. Di antaranya mengenai standarisasi daftar informasi yang dikecualikan antar kabupaten/kota, sengketa informasi yang sedang dijalani, dan evaluasi keterbukaan informasi publik oleh pemerintah daerah. MC Kulon Progo/Hry.


Related Articles