Kulon Progo Maju Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Sekretariat Daerah menyelenggarakan pembinaan dan pengarahan terhadap Kelompok Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum), di Ruang Sermo Kompleks Pemkab Kulon Progo. Kamis (25/7/2019).

Pembinaan ini diikuti oleh beberapa regu siswa Kadarkum Makarti SMA Negeri 1 Wates, sebagai sekolah yang terpilih mewakili Kabupaten Kulon Progo sebagai peserta Lomba Kadarkum tingkat Provinsi DIY pada September 2019.

Kadarkum adalah wadah yang berfungsi untuk menghimpun warga masyarakat yang dengan kemauannya sendiri berusaha untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi dirinya.

Lomba Kadarkum merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat sebagai sarana dalam upaya untuk lebih memasyarakatkan hukum, terciptanya budaya hukum dan memacu peningkatan kualitas kesadaran dan ketaatan terhadap hukum ditengah-tengah masyarakat.

Kepala Bagian Hukum Muhadi, S.H., M.Hum. mengatakan Bupati Kulon Progo telah  berkenan memberikan amanah kepada Kadarkum Makarti dari SMA Negeri 1 Wates untuk mewakili Kabupaten Kulon Progo dalam lomba Kadarkum tingkat Provinsi.

“Tentu ini adalah kesempatan yang sangat berharga, karena tidak semua kelompok atau Sekolah berkesempatan untuk bisa mewakili Kabupaten Kulon Progo,” ungkapnya.

Melalui Pembinaan ini para peserta diberi pengarahan tentang simulasi dan materi yang akan dilombakan nantinya. Lomba Kadarkum ini meliputi enam materi dasar yaitu Undang – Undang (UU) Tentang Informasi dan transaksi Elektronik dan Perubahan ITE, UU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, UU Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, UU Tentang Narkoba, UU Sistem Peradilan Pidana Anak dan UU Pemberantasan Tindak Pidana Perdaganagan orang. MC Kulon Progo/Hry

 

 


Related Articles