Forum Data Sebagai Alternatif Sinergikan Pengelolaan Statistik

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kulon Progo menggelar forum data daerah yang ke tiga, melibatkan 17 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kulon Progo di Gedung Binangun IVB Kompleks Pemkab Kulon Progo. Rabu (10/7/2019). Forum data merupakan acara yang diinisiasi Dinas Kominfo Kulon Progo khususnya Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS).

Kepala Bidang IKPS R. Sigit Purnomo, S.IP. mengungkapkan forum data dimaksudkan untuk memverifikasi keakuratan data informasi dari berbagai data dari masing – masing OPD yang sudah dikirimkan melalui email, terkait dengan aplikasi sedang mengalami kendala pada mekanisme.

“Karena ketika awal di tahun pertama untuk mengupload data di aplikasi tinggal langsung upload. Tapi untuk tahun ke dua ketika upload tanpa forum data langsung terpublish, sehingga untuk menghindari langsung publish, kami menyarankan kepada OPD untuk mengantisipasinya dengan menyimpannya terlebih dahulu.

“Untuk pertemuan ini,  data yang belum dimasukan ke dalam aplikasi masih dalam bentuk file excel. Pada forum data sudah di sepakati terkait isinya, nantinya Dinas Kominfo dari bidang IKPS yang akan mempublish. Dan akan dilakukan pembenahan di aplikasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo Drs.Rudiyatno M.M., mengatakan pertemuan terkait data di era digital menjadi sesuatu yang sangat penting. Karena data bagian penting yang kemudian di proses oleh aplikasi menjadi suatu output, jika data tidak benar outputnya juga tidak akan benar. Sehingga dalam menghimpun data, data yang dihasilkan akurat, akuntabel,  dapat dipertanggung jawabkan. Perihal  keakuratan data tetap melibatkan seluruh OPD yang terkait

“Forum data merupakan forum tertinggi dalam lembaga untuk mendiskusikan data dan memverifikasi data yang akan digunakan untuk melengkapi satu data sesuai dengan ketentuan yang berlaku, nantinya setiap OPD memaparkan informasi tentang data,” kata Rudi.

Rudiyatno berharap forum data berkaitan dengan validitas, objektifitas, akurasi, menjadi sangat penting. Dengan di selenggarakannya forum data, mendapatkan hasil diskusi untuk dispakati menindak lanjuti data-data yang akan di publish. Berkaitan dengan kebenaran data lebih baik dibahas di forum data, agar pemanfaatkan dan kegunaan data di masing – masing ada pada prinsipnya.  (MC Kulon Progo/Hari). 


Related Articles