Diskominfo Pati Tertarik Fiber Optik Kulon Progo

Keberhasilan Kabupaten Kulon Progo dalam memasang kabel Fiber Optic (FO) guna mewujudkan Kulon Progo Smart City mampu menarik perhatian daerah lain. Kulon Progo telah mampu menciptakan berbagai aplikasi penunjang masyarakat di kota batik Gebleg Renteng tersebut.

Dinas Kominfo (Diskominfo) Pati, Jawa Tengah tertarik berkunjung ke Diskominfo Kulon Progo untuk mengetahui konsep kota cerdas yang dilakukan oleh Pemkab Kulon Progo salah satu diantaranya yakni pemasangan kabel FO yang direncanakan sampai ke seluruh desa.

Kunjungan rombongan diterima di Ruang Rapat Sermo, kompleks Pemkab Kulon Progo, Kamis (13/6/2019) oleh Sekretaris Diskominfo Kulon Progo, Heri Darmawan,A.P,M.M.  beserta Kabid Aptika, Sutarman,S.IP.M.M.

Rombongan yang dipimpin Kepala Diskominfo Pati, Indriyanto,S.H.,M.Si. menjelaskan Kulon Progo berhasil memasang kabel FO dengan baik.

Pihaknya tertarik untuk mencari referensi pemasangan FO karena persamaan daerah yang berupa kabupaten serta Kulon Progo lebih dulu memasang FO dengan segala tantanganyang ada.

“Kunjungan kami ke Kulon Progo untuk mengetahui pemasangan FO. Sama-sama kabupaten jadi untuk belajarnya lebih enak, kalau belajar ke kota mungkin karakteristiknya akan jauh berbeda,” ungkapnya

Indriyanto mengungkapkan bahwa banyak hal yang diterima kaitannya dengan pembangunan TIK khususnya infrastruktur langit yakni pemasangan fiber optik di Kulon Progo.

“Pemasangan FO di Kulon Progo selangkah lebih maju, Kulon Progo telah mampu mempersiapkan semua dengan baik dari hal terkecil berupa menejemen resiko pun telah dipikirkan dengan sangat matang,” jelas Indriyanto.

Sementara Sekretaris Diskominfo Kulon Progo, Heri Darmawan menuturkan jaringan FO menjadi infrastruktur penting guna mendukung peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Setelah kabel FO terpasang semua diharapkan seluruh desa di Kulon Progo dapat terkoneksi internet dengan lancar.  Fiber optic memberikan solusi untuk internet tidak putus-putus sehingga meminimalisir aduan koneksi internet baik di OPD maupun desa. Target tahun 2020 semua 12 kecamatan di Kulon Progo terpasang FO,  dengan rincian pemasang FO di 9 kecamatan pada tahun 2019 dan 3 kecamatan di 2020 ” kata Heri Darmawan.


Related Articles