11 Papan Nama KIM Sebagai Legalitas Siap di Distribusikan

Keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat  (KIM) di Kabupaten Kulon Progo diharapkan mampu menjadi sarana komunikasi antara pemerintah kabupaten Kulon Progo dengan masyarakat langsung. Dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinas Kominfo) Kabupaten Kulon Progo bertanggung jawab  atas pembinaan dan keberlanjutan KIM di Kulon Progo.

Salah satu upaya untuk menjaga keberlangsungan KIM di Kabupaten Kulon Progo Dinas Kominfo membuat dan mendistribusikan papan nama untuk 11 KIM di Kulon Progo, Selasa (11/5/2019). Keberadaan plakat atau papan nama sangat penting sebagai legalitas KIM di Kabupaten Kulon Progo.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS) R. Sigit Purnomo, S.IP., mengungkapkan tujuan dari mendistribusikan papan nama untuk 11 KIM adalah untuk legalitas dan identitas suatu kelompok.

“Adanya papan nama KIM sebagai alat atau media sebagai bentuk aktualisasi keberadaan kelompok dalam mengelola manajemen organisasiannya. Serta  pengakuan dan pengukuhan dari masyarakat dan lembaga pemerintah, mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota dan Provinsi,” jelasnya.

Sigit Purnomo menambahkan sesuai dengan kedudukan dan sifatnya KIM dapat membentuk pusat informasi sebagai tempat dimana masyarakat dapat mengetahui dan memperoleh informasi yang diperlukan. Dengan mengembangkan diri sebagai komunitas pengguna atau pengelola, KIM dapat menggunakan layanan internet sebagai layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi sehingga berguna di masyarakat.  

Sementara, melalui Sekretaris Dinas (Sekdin) Kominfo Kulon Progo Heri Darmawan, A.P. M.M., berharap dengan adanya papan nama KIM untuk mendorong dan mengembangkan peran dan fungsi KIM, serta memberikan legalitas dan transparansi kepada masyarakat.

“Tujuannya masyarakat mengenal dan tersosialisasi lebih baik, sehingga tidak ragu – ragu bahwa KIM memiliki legalitas hukum dan tujuan,” ungkapnya. MC Kulon Progo/hry


Related Articles