Kulon Progo Menjadi Sasaran Sosialisasi Hattra

Dinas Kesehatan DIY bekerjasama dengan Dinas kesehatan Kulon Progo menggelar acara Sosialisasi Pembinaan Penyehat Tradisional di Bale Agung Kompleks Pemkab Kulon Progo. Jumat (03/05/19). Acara yang diinisiasi langsung oleh Dinas Kesehatan DIY dalam rangka memberikan edukasi kepada Asosiasi Penyehat Tradisional dan Penyehat Tradisional di Kulon Progo.

Sebagai narasumber kegiatan yakni Seksi Sarana Prasarana Kesehatan dan Perizinan, Achmad Syukur, SKM, M.Kes., serta perwakilan dari Dinas Kesehatan DIY Ana Ardiani Patriani. Acara tersebut tersebut juga dihadiri oleh 40 orang peserta yang merupakan Asosiasi Penyehat Tradisional dan Penyehat Tradisional yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan yang didanai dari Dana Keistimewaan DIY 2019 ini bertujuan untuk pembinaan Penyehat Tradisional (Hattra) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara ini juga bentuk implementasi kebijakan pelayanan kesehatan tradisional melalui Peraturan Pemerintah Nomor 103 tahun 2014 Tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional.

Achmad Syukur menjelaskan bahwa peran pemerintah adalah mengatur dan mengawasi pelayanan kesehatan tradisional dengan didasarkan pada keamanan, kepentingan, dan perlindungan masyarakat. Salah satunya adalah pembinaan terhadap Hattra.

“Acara ini merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk memberikan edukasi khususnya para Hattra. Mengingat masih banyak Hattra yang belum memiliki STPT (Surat Terdaftar Pengobat Tradisional). STPT bukan bukan berarti surat ijin namun surat terdaftar agar memudahkan untuk menggolongkan para Hattra saat akan diberikan sosialisasi,” ujarnya.  

Anna Ardiani Patriani juga mengatakan bahwa acara ini menjadi upaya mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan secara mandiri serta bisa menjadi alternatif pilihan ataupun pelengkap dari upaya kuratif atau pengobatan konvensional.

"Mereka diharapkan mematuhi regulasi, terutama untuk mengurus izin sebagai dasar pelayanan dan jaminan hukum untuk melindungi masyarakat," ujarnya


Related Articles