Media Center Kulon Progo Raih Peringkat Terbaik Satu

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia melalui Direktorat Jendral Informasi Komunikasi Publik (Dijen IKP) Direktorat pengelolaan media mengelar Bimbingan teknis (Bimtek) Motret yuk motret dengan tema mengenal lebih dekat foto jurnalistik. Di  Hotel Solo Heritage Kota Surakarta, Jawa Tengah. Pada Rabu s/d Kamis (24-25/4/2019). 25 Peserta Bimtek berasal dari Pengelola Media Center (MC) Daerah se-Indonesia.  

Hadir dalam Bimtek motret yuk motret Direktur pengelolaan media Dra. Siti Meiningsih, M.Sc., Kepala Monumen Pers Solo Ir. Widodo Hastjaryo.,M.Sc., Kasubidit Media Online Dra. Nurlaili. M.Si., Redaktur foto portal berita Infopublik Agus Setia Budiawan. Serta tiga narasumber dari penggiat fotografi sekaligus dosen Imam Hartoyo, Wakil Kepala bidang visual harian Kompas D.Wisnu Widiantoro, Widodo S Jusuf Redaktur foto kantor berita ANTARA

Tujuan dilaksanakan Bimtek adalah meningkatkan keaktifan MC daerah, meningkatkan kemampuan dan keterampilan foto dan penulisan keterangan foto, serta meningkatkan kemampuan dan memahami cara penggunaan perangkat penunjang jurnalistik.  

Dalam Bimtek tersebut juga ada sesi praktik liputan foto lapangan yang nantinya akan dipilih tiga terbaik foto dari 26 pengelola media daerah. Hunting fotografi di sekitar Pasar Gede, Pasar Klewer, Klenteng dan obyek lainnya. Dengan ketentuan tema liputan adalah layanan publik dan dilengkapai keterangan foto atau caption serta judul menarik.

Tiga foto terbaik Bimtek foto Jurnalistik layanan publik terbaik pertama di menangkan MC Kulon Progo Muhammad Haryanto, MC Singkawang Hendri dan MC Tabalaong diraih Mona.

Muhammad Haryanto mengatakan ini adalah sebuah tantanagn dan keberuntungan karena ilmu yang di dapat dalam Bimtek dapat diaplikasikan untuk memacu diri.

"Saya tidak menyangka, kalau dari MC Kulon Progo akan meraih peringkat satu,  itu adalah bonus dan keberuntungan, saya memanfaatkan ilmu dari Bimtek sudah di berikan," kata Hary

Hary menambahkan yang terepenting adalah ilmu fotografi tersebut, jangan puas akan hasil, terus berlatih dan berlatih. Saya bangga dapat mewakili MC Kulon Progo serta bisa bertemu dengan para narasumber mereka sangat menginspirasi.

Kasubidit Media Online Nurlaili saat menyerahkan hadiah kepada pemenang mengungkapakan semoga ini menjadi pemacu semangat untuk menghasilkan karya fotografi dan penulisan caption, sehingga teman teman dari MC lain juga terpacu untuk berkarya dan mengirimkan foto di web infopublik serta berpesan untuk pengelola media di daerah diharapkan jangan di pindah atau dilepas ke bagian lain, agar pengelolaan media tetap terus berjalan lebih baik lagi," jelasnya.


Related Articles