KOMINFO KULON PROGO BAHAS ISU STRATEGIS PADA RKPD 2020

Bappeda Kulon Progo mengadakan koordinasi pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) TA. 2020 dalam acara Forum Perangkat Daerah di ruang Binangun IV komplek pemda Kulon Progo. Senin (11/3/2019). Kordinasi pembahasan pada forum perangkat daerah kali ini bidang pemerintahan.

Forum perangkat daerah tingkat Kabupaten dipimpin langsung oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Turut hadir Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kepala dinas Kebudayaan (Disbud) Drs. Untung Waluya, Dinas Kominfo melalui sekertaris dinas Heri Darmawan, A.P., M.M., kepala dinas Perpusda Kulon Progo Drs. R. Agus Santoso, MA., dan Sekretariat Daerah melalui Kepala bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Drs. Jazil Ambar Was'an.

Tujuan forum perangkat daerah adalah antara lain menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

Dalam pemaparannya sekretaris Dinas Kominfo Heri Darmawan menyampaikan terdapat isu – isu strategis dalam perencanaan tersebut.

“Isu strategis tersebut dalam digital government membutuhkan transformasi budaya kerja aparatur dan masyarakat. Belum terintegrasinya beberapa aplikasi sistem informasi dan database daerah serta belum optimalnya diseminasi informasi dan komunikasi publik,” jelasnya

Selain itu adanya smart city untuk meningkatkan kualitas layanan publik dan pengembangan ekonomi daerah. Terdapat infrastuktur jaringan internet yang belum menjangkau sampai tingkat desa.

Heri Darmawan menambahkan terdapat permasalahan atau kendala yang terjadi diantaranya “Belum tersedianya akses internet diruang publik namun pemasangan baru ada emapat titik di Kulon Progo. Serta terdapat area yang masih blankspot, berharap dapat mengoptimalisasi untuk membangun komunikasi di area blankspot tersebut,” jelasnya.

Selanjutnya penggunaan aplikasi siMAYA menuju dunia digital dalam pemerintahan, juga sudah dilakukan uji coba di Kominfo Kulon Progo. Nantinya akan diterapkan di seluruh OPD ditarget April atau Mei. Sebagai portal aplikasi untuk menindaklanjuti surat masuk, pembuatan surat dan disposisi.

Dua desa Hargowilis dan Hargotirto yang menjadi pilot proyek desa on always on. Bumdes yang akan mengelola usaha seperti menjual pulsa, token listrik, paket internet dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi.

RKPD disusun untuk dokumen perencanaan tahunan yang wajib disusun oleh Pemerintah daerah dalam mengimplementasikan UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

RKPD harus sesuai dengan kebijakan perencanaan pembangunan Kabupaten Kulon Progo 2020. Mempercepat pembangunan Infrastuktur pendukung Program Strategis Nasional (PSN), meningkatkan kualitas SDM dan daya saing produk lokal dalam rangka Revolusi 4.0.

 

 


Related Articles