DESA DI NANGGULAN SIAP BENTUK PPID

Komisi Informasi Daerah (KID) DIY menyelenggarakan Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik di Kecamatan Nanggulan Kulon Progo. Rabu (20/2/2019). Acara tersebut dihadiri oleh Sekertaris Camat (Sekcam) Nanggulan Ridwan Usman, peserta dari Kepala Desa, Sekdes, Ketua BPD dan Karangtaruna seKecamatan Nanggulan. Dengan mengambil tema Standar Layanan Informasi Publik Desa (SLIP Desa).

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Kasie Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kulon Progo, Heri Widada S.I.P menyampaikan terimakasih terhadap kegiatan sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang diselenggarakan oleh KID DIY untuk menindaklanjuti pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) desa.

“Dengan diadakannya sosialisasi seperti ini sangat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya enam desa di Kecamatan Nanggulan yang terdiri dari desa Banyuroto, Donomulyo, Wijimulyo, Tanjungharjo, Jatisarono dan Kembang, yang siap membentuk PPID desa. demi terselenggaranya Keterbukaan Informasi Publik sesuai UU No.14 Tahun 2018,” ujar Heri.

Dewi Amanatun Suryani S.I.P M.P.A selaku narasumber dari Komisioner KID DIY memaparkan manfaat Keterbukaan Informasi Publik bagi masyarakat diantaranya masyarakat sadar bahwa mereka bukan sekedar obyek, tetapi subyek layanan Informasi Publik, masyarakat mengetahui jenis-jenis dan standar layanan Informasi Publik, dan masyarakat mampu mendorong peningkatan kualitas layanan Informasi Publik.

“Sedangkan manfaat Keterbukaan Informasi bagi Pemerintah Desa adalah menambah semangat untuk mewujudkan clean goverment dan transparansi, membangun kepercayaan publik terhadap kinerja Pemerintah Desa, meningkatkan kualitas kinerja Badan Publik, dan membentuk opini publik melalui informasi yang akurat,” jelasnya

Dewi menambahkan bahwa yang dimaksud Informasi Publik Desa adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim dan diterima oleh Pemerintah Desa yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara atau Badan Publik Desa.

“PPID desa adalah sekretaris desa atau pejabat yang ditunjuk dan ditetapkan oleh Kepala Desa atau pejabat yang bertanggung jawab dibidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi Publik Desa,” ujarnya.


Related Articles