Telemedicine Dan Bumilku Solusi Kesehatan Masa Kini

Wates - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kulon Progo (14/11) mengundang Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates, Direktur RSUD Nyi Ageng Serang, serta Kepala Puskesmas seluruh Kabupaten Kulon Progo, untuk sosialisasi Telemedicine dan Bumilku. Diadakan di kompleks Pemerintah Daerah gedung Binangun IV acara ini juga mengundang praktisi sekaligus akademisi dari UGM dr. Anis Fuad, Ph.D.

 

"Apa gunanya ilmu pengetahuan bila tidak di-upgrade. Oleh sebab itu maka mari kita bersama-sama menambah ilmu pengetahuan tentang apa itu Telemedicine," ungkap Kepala Dinkes Kabupaten Kulon Progo dr. Bambang Haryatno, M.Kes. sekaligus memotivasi peserta sosialisasi. 

 

Seperti yang dijelaskan oleh pemateri dr. Anis Fuad, Ph.D Telemedicine adalah praktek kedokteran melalui jaringan internet.

"Saat ini konsultasi dokter melalui internet ini masih belum berbayar, nah sehingga besok harapannya adalah setelah adanya telemedicine dan akhirnya berhasil semoga ada regulasi yang lebih jelas," tambah dr. Anis Fuad, Ph.D

 

Rencananya Telemedicine akan di uji cobakan bulan Januari 2019, dan peresmiannya akan dilaksanakan di bulan Maret 2019 bersamaan dengan Dies Natalis Fakultas Kedokteran UGM.  Telemedicine merupakan program kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Kulon Progo, FKKMK UGM, serta RSUP dr. Sardjito.

Tak hanya sosialisasi Telemedicine, Dinkes Kulon Progo juga mengadakan sosialisasi Bumilku. Bumilku adalah salah satu program quick wins yang disiapkan untuk Smart City Kulon Progo. Bumilku sendiri merupakan aplikasi yang ditujukan untuk menekan angka kematian ibu dan bayi,  serta meningkatkan kualitas kesehatan ibu hamil dan bayi di Kulon Progo.

 

Sosialisasi Bumilku disampaikan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulon Progo yang diwakili oleh Anita Fajarianti, S.Kom dan Fitri Nugraheni, A.Md. Bumilku sudah diresmikan kemarin tanggal 12 November 2018 bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional.


Related Articles