Saatnya Kopi Kulon Progo Unjuk Gigi

Pengasih - Binangun Coffee Society (BICO) komunitas pecinta dan pegiat kopi di Kulon Progo kali ini menggelar hajat besarnya yang bertajuk “Pesta Kopi Kulon Progo”. Diadakan di lapangan basket kampus Universitas Negeri Yogyakarta Wates, acara ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi kopi yang ada di Kulon Progo.


Kepala Bagian (Kabag) Operasi Polres Kulon Progo Kompol Sudarmawan, dalam sambutannya mewakili Kapolres Kulon Progo, berharap dengan diadakannya acara Pesta Kopi Kulon Progo maka semakin banyak pula kedai-kedai kopi yang ada di Kulon Progo. Dalam acara tersebut terdapat delapan stan kedai kopi. Tak hanya pameran kopi, acara ini juga menghadirkan  lomba seduh, donasi kopi untuk Palu, Sigi dan Donggala, talkshow, serta penampilan band indie Kulon Progo. Selain untuk mengedukasi masyarakat tentang kopi, acara ini juga memperingati Hari Kopi Internasional yang jatuh tanggal 1 Oktober dan juga memperingati Hari Jadi Kulon Progo ke-67.

"Kita memang sengaja mengambil tajuk Pesta Kopi karena memang acara ini hari rayanya para pecinta kopi. Pelaksanaan kali ini dalam rangka International Coffee Day, HUT ke-67 Kulon Progo dan ulang tahun BICO yang pertama," ungkap Ridwan saat ditemui usai pembukaan, Minggu (11/11) sore.


Ada 27 peserta lomba seduh kopi yang berasal dari dalam dan luar Kulon Progo. Kopi yang digunakan adalah kopi asli Kulon Progo yaitu jenis Arabika Suroloyo. Sedangkan untuk air yang digunakan adalah Airku yang juga merupakan air minum dalam kemasan milik Perusahaan Daerah Air Minum Kulon Progo.


Pesta Kopi Kulon Progo dibuka dengan penyerahan biji kopi yang diserahkan oleh Kabag Operasi Kulon Progo, Kompol Sudarman, kepada ketua BICO Ridwan Fitriyanto. Biji kopi ini nantinya juga akan disumbangkan ke daerah terdampak bencana di Lombok.



Related Articles