Pemda Kulon Progo Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Ke-90

Wates - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kulon Progo melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018 di Halaman Pemda Kulon Progo. Senin (29/10). Hari Sumpah Pemuda Ke-90 mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”, yang diikuti oleh seluruh pegawai serta perwakilan kepemudaan dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi menyampaikan bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau, satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara sebagai penyaring informasi. 

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik,” isi pidato Menpora.  

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” pesan akhir Menpora dalam isi pidatonya.

“Pemuda Khusunya di kabupaten Kulon Progo sudah mulai melakukan hal positif misalnya, memperingati Ulang Tahun Karang Taruna dengan melakukan pengajian, baris-berbaris sebelum masuk kelas, gotong royong di kegiatan Bedah Rumah serta kerja bakti dilingkungan sekolah yang sudah dibangun melalui pendidikan karakter di setiap sekolah. Dalam hal ini, kita pemerintah menyiapkan gedung olahraga serta membuka banyak pelatihan agar pemuda Kulon Progo bisa siap dalam menghadapi masa depan dan peluang kerja, baik di bidang kebandarudaraan maupun di bidang lain yang kita bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi,” ungkap Sutedjo saat ditemui setelah upacara. 


Related Articles