Syarat Melamar CPNS Dipermudah

Kulon Progo- Memasuki hari ke sembilan pendaftaran CPNS di Kulon Progo, ada sejumlah perubahan kebijakan berkaitan dengan persyaratan bagi pelamar. Hal ini mendasar pada perubahan/revisi redaksional pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 serta Surat Kepala BKN Nomor : K-26-30/V 141-2/99 tanggal 3 Oktober 2018 Tentang Perpanjangan Jadwal Pendaftaran CPNS Tahun 2018.  Maka,  sebagai tindaklanjutnya Pemerintahan Kabupaten Kulon Progo menerbitkan perubahan melalui  Pengumuman Bupati Kulon Progo Nomor : 810/6144 Tentang Perubahan Kedua Atas Pengumuman Nomor 810/5017 tentang Seleksi Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara Formasi Umum dan Formasi Khusus Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Tahun Anggaran 2018.

Perubahan ini berkaitan dengan waktu pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang semula berakhir pada tanggal 10 Oktober 2018, diperpanjang hingga 15 Oktober 2018. Selain itu, terdapat perubahan syarat-syarat pendaftaran yang selama ini dianggap menimbulkan rasa dilema dan menjadi sumber kekhawatiran para calon pelamar. Seperti yang dikemukakan oleh Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan R. Trusta Hendraswara, S.S, M.Si saat ditemui di Help Desk Sekretariat Panitia CPNS di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan  Kulon Progo, terdapat beberapa hal  penting yang perlu diketahui oleh para calon pelamar, diantaranya pertama, jumlah pelamar CPNS di Kulon Progo saat ini masih sedikit, dari 383 formasi yang tersedia, baru terdapat 182 pendaftar hingga Kamis (4/10) siang ini.

Poin kedua, mengenai perubahan persyaratan Romawi II huruf A angka 10 mengenai kata “dan/atau” yang berarti diperbolehkan jika hanya memenuhi salah satu. Sehingga, baik pelamar yang merupakan lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri yang terakreditasi maupun pelamar yang merupakan lulusan Program Studi yang terakreditasi, keduanya dapat melakukan pendaftaran. Selain itu, bagi pelamar yang di ijazah atau transkrip nilainya sudah tercantum akreditasi, tidak perlu mengunggah bukti akreditasi.

Selanjutnya, terkait ruang lingkup pendaftaran CPNS di Kulon Progo ini bersifat terbuka untuk nasional, sehingga tidak benar jika ada anggapan hanya untuk putra daerah saja.

“Untuk tipsnya, dalam mendaftar jangan menunggu di waktu-waktu akhir menjelang penutupan pendaftaran. Ketika ada perpanjangan sampai dengan tanggal 15 Oktober, jangan kemudian pelamar menunggu di akhir karena kita khawatir menumpuk. Mulai saat ini kalau memang semua persyaratan sudah lengkap, segera mendaftar dan pastikan ketika submit  kelengkapan sudah lengkap. Jadi, tidak ada dokumen-dokumen yang seharusnya diupload tapi tercecer, karena ketika sudah submit pendaftaran tidak bisa diulang lagi,” ungkap Trusta.

Trusta juga menghimbau kepada para pelamar untuk tidak sungkan menghubungi call center BKPP di 081327525498 jika mengalami kesulitan, dan membaca revisi persyaratan selengkapnya di https://bkpp.kulonprogokab.go.id/article-1333-perubahan-kedua-pengumuman-cpns.html.


Related Articles