Puncak Peringatan ke-71 Hari Koperasi tingkat DIY di Kulon Progo

Puncak Peringatan ke-71 Hari Koperasi tingkat DIY digelar di Taman Budaya Kulon Progo, Rabu (25/7). Acara tersebut diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM DIY bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kulon Progo. Kegiatan tersebut mengangkat tema Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional. Acara yang dihadiri langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X, dan Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo, juga sekaligus sebagai moment peluncuran belabeliku.com yang diprakarsai oleh Bupati Kulon Progo.


Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai upaya peringatan Hari Koperasi ke-71 Tingkat DIY meliputi jalan sehat, sarasehan, seminar dan workshop, koperasi expo di setiap kabupaten kota DIY dan kunjungan ke tokoh koperasi yang masih hidup serta ziarah kubur. Tidak ketinggalan, bazar produk DIY dan Pagelaran Wayang Kulit oleh Dalang Gebes dengan lakon Semar Mbangun Kayangan di Taman Budaya Kulon Progo pada Rabu (25/7) pukul 20.00 WIB.


Sekitar 2500 orang hadir dalam acara ini, terdiri dari tokoh dan anggota koperasi se-DIY, Koperasi Lembaga pemerintahan dan Pendidikan, Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Serba Usaha (KSU), Koperasi Konsumsi, Koperasi Produksi, dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) serta perwakilan OPD yang ada di Kabupaten Kulon Progo.


Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo menyampaikan Koperasi mempunyai peran dan fungsi membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya masyarakat pada umumnya, meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.


“Peran dan fungsi Koperasi juga untuk secara aktif berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat, memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai sokogurunya.” ujar Hasto.


Sementara itu Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X menyampaikan Koperasi mampu berkolaborasi dan menjadi pemain dalam e-commerce, dimana e-commerce bukan sekedar memudahkan masyarakat mencari atau membeli sesuatu, tetapi sudah mengubah pola hidup masyarakat.


“Koperasi selayaknya menjadi tempat bagi anggota untuk belajar bersama mengenai marketing, variasi produk, dan bertukar pengetahuan.” paparnya


Kegiatan lain yang dilakukan dalam acara puncak peringatan Hari Koperasi ke-71 adalah peninjauan bazar, Menteri Koperasi dan UKM ditemani bupati Kulon Progo berkeliling bazar Koperasi dan UMKM, melihat dan mencicipi aneka produk di bazar.


Pada bazar koperasi dan UKM terdapat produk makanan dan minuman seperti kopi Suroloyo, teh menoreh, geblek, dll. Produk fashion berupa batik geblek renteng, batik ciprat, tas pandan, dll. Produk perabotan rumah tangga berupa piring dan keranjang bambu. Menteri Koperasi dan UKM.


Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menuturkan pengembangan koperasi dibangun untuk memberikan pemerataan kesejahteraan pada masyarakat, karena program Pak Presiden untuk mengembangkan ekonomi, yang mudah diikuti oleh pemerataan kesejahteraan masyarakat.


Related Articles