Kontingen Kulon Progo siap Mengikuti Lomba Teater Tradisi Se-DIY

Kontingen Teater Tradisi Kulon Progo siap mengikuti lomba Tradisi se-DIY DIY di ISI Yogyakarta tanggal 28 /6 mendatang. pasalnya Dinas Kebudayaan Kulon Progo telah melaksanakan gladi bersih kontingen Teater Tradisi Kulon Progo di Taman Budaya Kulon Progo, Selasa (26/6) dalam rangka persiapan akhir kontingen Teater Tradisi Kulon Progo.

Gladi bersih tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati kulon Progo, Kepala Dinas Kebudayaan, serta perwakilan OPD di Kabupaten Kulon Progo. Teater Tradisi lebih dikenal dengan Teater Daerah yang mengangkat tema tentang legenda suatu tempat ataupun adat istiadat suatu wilayah dan biasanya pemainnya berasal daerah tersebut.

Kontingen Teater Tradisi Kulon Progo terdiri dari 21 pemain termasuk pemain musik dan penari Angguk, disutradarai oleh Nurma Saktiyas dan tri Susanti selaku penulis naskah.

Untung Waluya selaku Kepala Dinas Kebudayaan menyampaikan cerita yang diusung dalam Teater Tradisi dari kontingen Kulon Progo adalah mengangkat mitologi Kanjeng Ratu Kidul dengan latar belakang masyarakat pedesaan pesisir kidul yang mempunyai kesenian Tradisional Tari Angguk dengan tema sosial kemasyarakatan dan pemilihan Lurah yang penuh dengan intrik dan mempunyai berbagai strategi untuk memenangkan pemilihan.

“Teater Tradisi yang diangkat dari kontingen Kulon Progo menceritakan kepercayaan masyarakat  tentang adanya kekuasaan Kanjeng Ratu Kidul yang dimanfaatkan oleh oknum tertentu dengan media Tari Angguk untuk memenangkan pemilihan Lurah dan pada akhirnya tiada strategi jahat yang sempurna tetaplah kebenaranlah yang menang.” katanya

Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo berharap kontingen dari Kabupaten Kulon Progo dapat tampil maksimal dalam lomba Teater Tradisi se-DIY yang akan dilaksanakan di ISI Yogyakarta pada tanggal 28 Juni mendatang.

“Gladi bersih pada malam hari ini cukup baik, kami dari Pemerintah Daerah Kulon Progo sangat mengapresiasi karena kegiatan ini turut melestarikan  Teater Tradisi di Kabupaten Kulon Progo . Semoga pada saat lomba dapat menampilkan yang terbaik dan dapat meraih prestasi.” paparnya.


Related Articles