Persediaan Sembako Jelang Ramadhan Hingga Akhir Tahun Aman

Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo memfasilitasi Konferensi Pers dari Dinas Perdagangan Kulon Progo membahas tentang Stok Pangan Jelang Ramadhan di RM Gule Sawah Selasa (8/5). Tujuan dari konferensi pers tersebut untuk menginformasikan kepada masyarakat ketersediaan pangan di Kulon Progo menjelang Ramadhan 1439 H.

Kepala Dinas Perdagangan Krissutanto menyatakan bahwa stok pangan di Kabupaten Kulon Progo menjelang Ramadhan hingga akhir tahun aman. 

"Masyarakat tidak perlu khawatir tentang ketersediaan sembako, gas elpiji dll karena Pemda Kulon Progo melalui Dinas Perdagangan sudah mengajukan tambahan kuota tahun 2018 kepada Gubernur DIY." papar Krissutanto.

Pemantauan harga bahan pokok rutin dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis di Pasar Wates, Pasar Sentolo, Pasar Bendungan, Pasar Galur dan Pasar Temon. Harga kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, daging, telur dan lainnya saat ini masih wajar serta terkendali.

"Ketersediaan beras sudah dicek di lapangan yakni di Gapoktan dan semuanya aman." kata Krissutanto

Pasar murah dan Operasi Pasar Murni komoditi lainnya adalah pasar murah bersama Bank Indonesia Cabang DIY, Dinas Perdagangan DIY, Perum Bulog, PT PPI Yogyakarta, Dinas terkait di Kabupaten. Rencananya akan dilaksanakan di Kecamatan Lendah 9/5 meliputi Desa Bumirejo dan Girimulyo, 11/5 Desa. Kecamatan Girimulyo 11/5 Desa Jatimulyo dan 22/5 Desa Giripurwo.

Sebanyak 300 paket  kupon akan dibagikan dengan harga paket bahan pokok Rp 40.000,00.

Kabid Perdagangan Bambang Widodo menambahkan Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo juga melakukan pengawasan barang beredar. Memastikan untuk tanggal kadaluarsa, kerusakan kemasan, dan pantauan terhadap bahan berbahaya. 

"Titik rawan terdapat pada makanan, adanya formalindan lainnya yang membahayakan konsumen meskipun itu berasal dari Luar Kulon Progo namun tetap kami pantau." ujar Bambang 


Related Articles