Pemkab Kulon Progo Kunjungi Kunjungi Bandara Internatonal Jawa Barat (BIJB)

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kunjungan kerja ke kabupaten Majalengka, tepatnya di Pemerintah Kabupaten Majalengka dan di Bandara International Jawa Barat (BIJB) yang juga disebut dengan Bandara Kertajati pada Kamis (1/3). Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengetahui secara langsung pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) serta untuk mencari jalan keluar atas permasalahan yang ada dalam proses pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) di Kulon Progo. Jumlah rombongan dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo sebanyak 28 orang.

Aeron Randi selaku Asda I bidang Pemerintahan Setda Majalengka menuturkan bahwa pembangunan Bandara International Jawa Barat menggunakan APBN dan dikelola oleh Pemprov Jawa Barat. Adanya Bandara Internasional Jawa Barat tersebut menjadi anugerah sekaligus tantangan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat. Bandara yang rencananya sudah mulai beroperasi pada bulan Juli 2018nuntuk pemberangkatan haji dan umroh tersebut sudah mencapai 95% dalam proses pembangunannya.

“Dalam proses pembangunan BIJB juga sempat mengalami penolakan, namun pihak BIJB berupaya terus menerus untuk melakukan pendekatan kepada warga terdampak bandara sehingga pada akhirnya warga tersebut mau melepaskan tanahnya. Usaha yang sangat ekstra dan kerjasama yang tidak boleh terputus sangat diperlukan dari berbagai bihak, baik dari Pemprov, PemKab Majalengka , BIJB serta masyarakat. (tambah Randi)

Sedangkan Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo, Rudiyatno mengungkapkan bahwa sosialisasi ditingkat awal sangat penting, hal tersebut akan membantu pemerintah untuk lebih mudah melakukan pendekatan kepada warga terdampak bandara. Hal-hal yang perlu kita pelajari lagi adalah tentang penyerapan tenaga kerja lokal di proyek bandara serta penanganan terhadap penolakan warga masyarakat.

 


Related Articles