LAUNCHING DESA BUDAYA DIRENCANAKAN DI TUKSON

Sampai pada saat ini , di seluruh wilayah DIY sudah ada 56 desa yang telah ditetapkan dengan SK Gubernur DIY sebagai Desa Budaya. Dari jumlah 56 tersebut 15 desa diantaranya ada di Kulon Progo. Namun adanya penetapan 56 desa di DIY ini sebagai desa Budaya belum diketahui secara luas di masyarakat.
Sebagai upaya untuk mengenalkan kepada masyarakat luas dan juga sebagai upaya mengembangkan desa budaya yang telah ditetapkan tersebut, Dinas Kebudayaan DIY bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Kulon Progo berencana melaunching ke 56 desa budaya se DIY pada 5 April 2017 . Acara launching ini direncanakan dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Hal ini disampaikan kepala Dinas Kebuyaan Kulon Progo, Drs. Untung Waluyo , di kantor Dinas Kebudayaan setempat, Selasa (20/3).
Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Drs. Untung Waluyo, dipilihnya Desa Tuksono sebagai tempat launching karena Desa ini memiliki berbagai hal yang memiliki nilai-nilai budaya yang cukup menonjol. Lokasi dilaksanakannya launching yakni di lokasi kawasan sumur tua, di dusun Taruban Desa Tuksono . Oleh masyarakat setempat sumur tua ini dinamakan sendang kamulyan, lokasinya sering dipakai sebagai tempat kegiatan budaya yang dilaksanakan oleh warga desa Tuksono.
Dalam kegiatan launching ini disamping akan ditampilkan berbagai kesenian dari desa-desa budaya se DIY juga akan dilaksanakan pameran oleh desa-desa budaya tersebut. Penutupan kegiatan launching ini direncanakan pada malam hari dengan pagelaran wayang kulit.
Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo mempunyai harapan dengan dilaunchingnya desa budaya di DIY ini diharapkan desa budaya yang telah ditetapkan semakin berkembang yang selanjutnya dapat menjadi desa madiri budaya.

 

 


Related Articles