UPAYA PENCEGAHAN SIBER OLEH FORKOMSANDA

Forum Komunikasi Sandi Daerah (Forkomsanda) Daerah Istewa Yogyakarta (DIY) kembali mengadakan forum diskusi bagi anggota Forkomsanda DIY meliputi unsur TNI, Polri, ASN, pensiunan petugas dan petugas sandi. Forkomsanda tersebut diadakan di Objek Wisata Pule Payung pada Rabu, (6/11/2019).

Tema pada acara kali ini adalah Peran Aparatur Negara Dalam Mewujudkan Stabilitas Nasional. Pada kesempatan kali ini dihadirkan 2 narasumber yaitu dari Polda DIY dan juga Korem 072/Pamungkas. Kedua narasumber tersebut menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan dan juga Upaya Polri Menjaga Keamanan Siber.

Menurut wakil ketua Forkomsanda Beni Kusambodo S.H, disintegrasi yang terjadi saat ini sangat krusial dan sangat perlu diperhatikan oleh karena itu

"Terkait dengan pertemuan pada hari ini kita mengangkat tema yang sudah kita sepakati yaitu peran aparatur negara dalam mewujudkan stabilitas nasional. Kami menyikapi terkait hal hal yang terjadi selama ini terkait disintegrasi bangsa ini menjadi hal yang sangat krusial dan sangat perlu kita perhatikan, jangan sampai itu memecah persatuan dan kesatuan bangsa" imbuh Beni

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Kominfo Drs. Rudiyatno M.M. mengatakan bahwa perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat saat ini, kita perlu senantiasa meningkatkan kewaspadaan dari berbagai hal, salah satunya informasi penting milik pemerintah daerah melalui bagian persandian. Namun saat ini persandian masih dianggap sebelah mata bagi sebagian orang. Padahal persandian ini sangat penting. Persandian sangat berkaitan dengan keamanan negara.

"Saya melihat bahwa persandian ini banyak kurang diberikan makna nilai dari banyak pihak. Terkait dengan penerapan teknologi informasi ini tidak bisa dipungkiri bahwa persandian ini memiliki posisi yang snagat penting dan strategis. Ancaman yang datang di ranah pemanfaatan jalur TI ini begitu luar biasa banyaknya karenanya sudah saatnya forum ini tidak dipungkiri kedepan sangat penting" ujar Rudi. 

Pada kesempatan kali ini kasi term KOREM 072/Pamungkas Kolonel Infantri Hari Susanto selaku narasumber pertama mengatakan bahwa kita harus mencegah radikalisme dengan cara mengisi hal baik, menjaga persatuan dan kesatuan, taat dengan aturan hukum yang berlaku, menyebarkan hal postiif dan tentunya setia pada Pancasila.

Materi selanjutnya dipaparkan AKBP Yulianto selaku narasumber yang kedua, beliau menyampaikan mengenai upaya polri menjaga keamana siber.Yulianto juga menambahkan bahwa saat ini sudah banyak informasi tersebar dan menyebar berita padahal belum tentu kebenarannya. Seharusnya kita harus menerapkan 3 S yaitu Saring Sebelum Sharing. MC Kulon Progo/Luth/Cit


Related Articles