Tiga OPD di Kulon Progo Raih Penghargaan Pelayanan Publik Sangat Baik   

Torehan prestasi Kabupaten Kulon Progo terus diraih di tingkat Daerah maupun tingkat Nasional. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) RI H. Tjahjo Kumolo, S.H., menyampaikan hasil evaluasi pelayanan publik untuk Pemda di Wilayah III dan pemberian penghargaan di The Ops Grand Ballroom Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Selasa (5/11/2019).

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kulon Progo, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kulon Progo dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates. Ketiga OPD tersebut mendapatkan pengahrgaan terhadap pelayanan publik di Indonesia dengan kategori A- (sangat baik). Sementara itu, Bupati Kulon Progo juga mendapatkan penghargaan sebagai Pembina Pelayanan Publik Kategori sangat baik.

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo mengatakan evaluasi dan penghargaan pelayanan publik sebagai upaya untuk mempercepat izin investasi serta meningkatkan pelayanan di semua sektor.

“Kementerian PAN RB dalam upaya meningkatkan dan mempercepat reformasi birokrasi yang masuk dalam salah satu skala prioritas pemerintahan dan mengapresiasi kepada daerah yang dapat melaksanakan pelayanan publik dengan baik dan optimal," kata Tjahjo.

Tjahjo Kumolo menegaskan evaluasi pelayanan publik diselenggarakan dengan melihat kepatuhan terhadap Undang Undang Pelayanan Publik, mencari unit pelayanan publik yang dapat menjadi contoh bagi unit lain. Dari data yang dihimpun dari seluruh kementerian serta Pemda, diketahui bahwa DIY dan Jawa Tengah menempati rangking tertinggi dalam hal pelayanan publik.

Sementara Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo mengatakan merasa bangga dan berharap Kabupaten Kulon Progo agar lebih termotivasi untuk meningkatkan pelayanan publik lebih baik.

"Kami berharap OPD lain yang melaksanakan terkait pelayanan publik dapat mengikuti jejak torehan prestasi yang diraih ke tiga OPD tersebut," ungkap Sutedjo.

Penilaian kinerja dan pemberian penghargaan didasari UU nomor 25/2009 tentang Pelayanan Publik dan PermenPAN RB nomor 17/2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. "Pelaksanaan evaluasinya berlangsung selama enam bulan dari Mei-Oktober 2019," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo, Drs.Rudiyatno., MM,

Adapun aspek yang dinilai meliputi kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi.  "Evaluasi pelayanan publik yang dilakukan Tim dari KemenPAN RB terhadap tiga OPD sudah berlangsung sejak 2017 dengan survei langsung ke lapangan. Pada 2019 evaluasi di Kabupaten Kulonrogo dilakukan terhadap unit layanan yang telah mendapat nilai A pada 2018 silam, evaluator langsung dari KemenPAN RB dengan sistem penilaian secara online dan terhadap unit layanan yang mendapat nilai B pada 2018. Evaluator dari Biro Organisasi Pemda DIY dengan kunjungan ke lapangan," tambah Rudiyatno.


Related Articles