Kulon Progo Raih Penganugrahan Bhumandala Award 2019 oleh Badan Informasi Geospasial (BIG)

Kulon Progo - Prestasi membanggakan di tingkat Nasional kembali diraih Kabupaten Kulon Progo dalam inovasi pemanfaatan Informasi Geospasial dalam tata kelola pemerintahan.

Badan Informasi Geospasial (BIG) Republik Indonesia berperan sebagai integrator dan institusi penggerak utama dalam penyelenggaraan informasi Geospasial. Dalam rangka implementasi penyelenggaraan informasi Geospasial yang berdasarkan asas keterbukaan dan kemanfaatan.  

Badan Informasi Geospasial (BIG) Republik Indonesia menggelar penganugrahan Bhumandala Award 2019 dan memperingatan Hari Informasi Geosparsial. Kamis (17/10/2019). Adapun kota yang mendapat penghargaan yaitu Kota Bandung, Kota Manado, dan Kota Semarang.

Kepala BIG Hasanudin Zainal Abidin mengucapkan selamat kepada Kabupaten Kulon Progo karena telah berhasil meraih predikat terbaik dalam Inovasi Pemanfaatan Informasi Geospasial Tahun 2019.

“Kami menggundang Bupati Kulon Progo untuk menerima Bhumandala Award inovasi pemanfaatan informasi Geospasial, dalam rangkaian acara puncak peringatan Hari Informasi Geospasial 2019,” ungkapnya.

Selain itu, pada peringatan Hari Informasi Geospasial 2019 yang akan diselenggarakan Kamis, 17 Oktober 2019. Juga akan di launching Sistem Informasi Pulau, Sistem Informasi Batimetri Nasional dan Sistem Monitring Jaringan Informasi oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Republik Indonesia.

Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan dr. Sri Budi Utami, M.Kes, mengatakan Ibu Hamil Kulonpogo (Bumilku)  merupakan aplikasi unggulan Kulon Progo, sebagai penerapan  Smart City untuk pemantauan kesehatan ibu hamil dengan terintegrasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Geospasial.

“Aplikasi Bumilku ini memuat data digital keseluruhan ibu hamil yang ada di wilayah ini berdasarkan data yang diinput oleh bidan pendamping maupun kader kesehatan yang ditugaskan,” ungkap Sri Budi.

Sri Budi menambahkan paparan bahwa dengan adanya aplikasi ini, bisa diketahui jumlah ibu hamil, tingkat resiko bagaimana sampai dengan hari ini. “Sistem ini sangat beranfaat untuk kami terutama peugas kesehatan, untuk memantau secara keseluruhan”, terangnya. MC Kulon Progo/hry.


Related Articles