STUDI KOMPARASI BAPPEDA TEMANGGUNG DI KABUPATEN KULON PROGO

Kulon Progo- Bappeda Temanggung melakukan kunjungan ke Bappeda Kulon Progo pada Kamis (10/10) di Ruang Suroloyo Bappeda Komplek Pemkab Kulon Progo dalam acara kunjungan studi komparasi Bappeda Kabupaten Temanggung mengenai perencanaan dan pembangunan yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

Tim Studi Komparasi Kabupaten Temanggung dipimpin oleh Kepala Bidang Perencanaan Program dan Informasi Pembangunan Dwi Sukarmei, ST., MT yang diikuti oleh 10 anggota Bappeda dan Dinas Kominfo Temanggung.

Penerima Studi Komparasi dipimpin oleh Sekretaris Bappeda Kulon Progo Ir. Maria Indrati Andayani beserta jajarannya dan didampingi oleh perwakilan dari Dinas Kominfo Kulon Progo.

Sekretaris Bappeda Kulon Progo Ir. Maria Indrati Andayani, mengatakan, sistem informasi Bappeda menggunakan website, email dan instagram. Dalam mempermudah pekerjaan Bappeda Kulon Progo menggunakan Aplikasi sistem informasi MonevKu dan RencanaKu.

 “Kalau dokumen-dokumen kami yang ada di Bappeda ini semua diupload baik dari rancangan awal dan konsultasi publik. Berkaitan dengan pekerjaan di sini untuk mempercepat pekerjaan ada MonevKu dan RencanaKu”, ujarnya.

Kepala Bidang Perencanaan Program dan Informasi Pembangunan Dwi Sukarmei menjelaskan tujuan diadakannya kunjungan ini adalah untuk belajar tentang inovasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Perencanaan Pembangunan di Kulon Progo.

“Kemarin Bappeda Temanggung mendapatkan informasi kalau ingin belajar era Keterbukaan Informasi Badan Publik maupun inovasi pembangunan di Kulon Progo tidak usah jauh-jauh ke Bali. Kulon Progo adalah satu idaman kami dalam mempelajari inovasi”, ujarnya.

Hal-hal yang dibahas dalam kunjungan tersebut ialah inovasi, perencanaan dan sistem penganggaran yang dilaksanakan oleh Bappeda Kulon Progo, baik dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Dasar Hukum.

Terkait dengan Keterbukaan Informasi Publik, salah satu staf Pelayanan Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Kominfo Temanggung, Eko Nugroho, menanyakan, tentang strategi pengeloaan Informasi Badan Publik di Kulon Progo, yang telah meraih banyak prestasi.

“Saya kemarin dengar dan membaca berita pada salah satu Website Kominfo Kulon Progo, ternyata  Keterbukan Informasi Badan Publik di sini meraih banyak penghargaan dalam Monev Keterbukaan Informasi Publik tingkat DIY tahun 2019, baik kategori Apresiasi, PPID Utama, maupun PPID Pembantu. Oleh karena itu kami ingin mengetahui sejauh mana strategi yang dilakukan sehingga dapat memperoleh penghargaan tersebut ” tanya Eko   

Perwakilan dari Kominfo Kulon Progo, khususnya seksi Pengeloaan Informasi dan Komunikasi Publik, Heri Budisantosa, menjelaskan, strategi yang utama dalam meraih prestasi tersebut yaitu pada prinsipnya butuh semangat dan komitmen Pimpinan Daerah dalam mewujudkan Pelayanan Informasi yang berkualitas, efektif, mudah, murah dan akuntable.   

Dengan adanya kunjungan ini, kedua belah pihak berharap dapat memperkaya wawasan dan meningkatkan kinerja antara Bappeda Temanggung dan Bappeda Kulon Progo. (MC/Dhena/Syafrie)

 


Related Articles