KPPD DIY Wilayah Kulon Progo Berhasil Pertahanakan ISO 9001:2015

Kantor Pelayanan Pajak Daerah (KPPD) / Samsat Kulon Progo kembali berhasil mempertahankan  sertifikasi ISO 9001:2015 yang ditetapkan Tim auditor Worldwide Quality Assurance (WQA) Indonesia. Kamis (3/10/2019). Terdapat sejumlah  poin yang dievaluasi oleh tim sertifikasi meliputi kecepatan dan kepuasan pelayanan juga menyangkut ketersediaan  sarana maupun prasarana dan inovasi pelayanan.

Kepala KPPD DIY untuk wilayah Kulon Progo, Bagiya Rakhmadi, SH. MM mengatakan  untuk ke delapan kali kami mendapat predikat sertifikasi ISO 9001:2015, untuk berbagai layanan.

“Artinya bahwa layanan inovasi kami di masyarakat memang selayaknya dibutuhkan dan masyarakat sangat puas, Kita melayani masyarakat dengan penuh tanggung jawab, inovasi dan ini adalah layanan yang sangat dibutuhkan masyarakat,” ungkapnya.

Bagiya Rakhmadi menambahkan salah satu inovasi unggulan KPPD DIY / Samsat Kulon Progo dalam pelayanan bagi wajib pajak, diantaranya layanan jemput bola (Jebol), layanan Mall pelayanan publik, Samsat Desa yang berada di Desa. Jadi Sijebol ada tiga item layanan melalui telepon, kunjungan ke Desa selama enam kali dalam satu Bulan, kemudian melalui “dor to dor”. Yang menjadi evaluasi oleh tim auditor nantinya akan kami perbaiki dari segi layanan, sarana dan prasarana.

Sementara tim evaluasi yang diketuai Ahmad Setyahadi  dan Dimas Maulidi El  Mirsa  mengomentari keberhasilan KPPD wilayah Kulon Progo dalam mempertahankan sertifikat ISO 9001:2015  meliputi kebijakan, standar mutu, pelaksanaan  audit Internal, tinjauan manajemen, ketersediaan sarana  penunjang  dan pemeliharaan sumber daya (sarana dan prasarana). Semuanya sudah dilaksanakan dengan baik dan memenuhi  ketentuan.   

“Namun ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan antara lain servei kepuasan pelanggan belum ditampilkan, menegemen risiko KPPD wilayah Kulon Progo pada fasilitas samsat ramah anak,” jelasnya. MC Kulon Progo/hry.


Related Articles