Aksi Penipuan Janjikan Kenaikan Jabatan, Catut Nama Kepala BKPP Kulon Progo

Aksi penipuan dengan panggilan telepone beredar di kalangan instansi di Pemkab Kulon Progo sehingga membuat resah, Nama pejabat di lingkungan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulon Progo dicatut oleh pelaku penipuan dengan modus menjanjikan akan kenaikan pangkat atau menaikkan jabatan dalam struktural tertentu, Pelaku mengatasnamakan Kepala BKPP Kulon Progo  Dra. Yuriyanti, MM menghubungi kesejumlah pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kulon Progo.

Tujuh OPD yang menerima panggilan telepone tersebut diantaranya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kulon Progo, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Kelautan. Pelaku berpura-pura menjadi pejabat saat menipu lewat telepon dengan iming – iming akan mengangkat atau menaikkan jabatan dengan mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening tertentu.

Kepala BKPP Kabupaten Kulon Progo, Dra. Yuriyanti, MM saat memberikan Klarifikasi Senin (30/9/2019), di ruang rapat BKPP Kulon Progo mengatakan kami memang menerima informasi dari OPD untuk mengklarifikasi kepala BKPP karena beberapa waktu yang lalu marak adanya informasi atau telepone kepada seseorang yang menjanjikan akan mengangkat atau menaikkan jabatan dalam struktural tertentu.

“Hal tersebut sangat tidak benar, jadi kita semua di BKPP maupun Tim Penilai Kinerja (TPK) atau pejabat tidak pernah ada atau mensyaratkan seseorang menduduki jabatan ini dengan iming-iming atau janji-janji tertentu,” ungkapnya.

Yuriyanti menjelaskan pengangkatan jabatan ini berdasarkan kualifikasi jabatan dengan merit sistem yakni kebijakan dan manajemen SDM aparatur negara yang berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar. Serta melalui rapat TPK  dan dilaksanakan wawancara.

Kami berkomitmen untuk memegang prinsip good dan clean governments jadi benar-benar tidak ada pembebanan-pembebanan terhadap latar belakang struktural. Saya menekankan bahwa terhadap telefon penipuan dengan menjanjikan orang  akan diangkat atau dinaikkan jabatan itu jelas tidak benar dan bukan dari pihak kami, baik dari pihak BKPP maupun dari TPK oleh karena itu berharap hati-hati untuk tidak mempercayai janji-janji dari penipu sehingga tidak menjadi korban penipuan, kemudian memberikan sesuatu yang diminta informasinya adalah uang, ini sangat tidak benar.

"Oleh karena itu kita himbau kepada seluruh PNS/ASN di Kulon Progo untuk berhati-hati agar tidak percaya terhadap informasi-informasi yang sifatnya memungut uang atau menstransfer sejumlah uang dan itu adalah murni penipuan," pungkasnya.

Sementar itu, salah satu korban penipuan dengan panggilan telepone Kepala Seksi Seni dan Film, Dinas Kebudayaan Kulon Progo Gunawan Edi Nugroho, S.Sn mengatakan pada Jumat (27/9/) menerima telepone dari seseorang mengaku sebagai Kepala BKPP Kulon Progo menawarkan promosi jabatan. Penipu tersebut meminta mentransfer sejumlah uang guna memudahkan proses promosi. “Dia meminta sejumalah Rp47 juta, untuk meminjami anggaran pelantikan, saya curiga dengan tawaran tersebut dan tidak mengiyakan tawaran tersebut,” jelasnya. MC Kulon Progo/hry


Related Articles