Meningkatkan Pelayanan Publik Melalui Smart Digital

Dikirim oleh akhwan pada dibaca 2773 kali

Kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Kominfo Kulon Progo dengan Pemerintah Selandia Baru (New Zealand) dalam rangka transformasi layanan publik menggunakan teknologi digital terus dijalin. Dalam kerjasama tersebut terselenggara seminar dan workshop internasional di ruang Adikarta, kompleks Pemkab Kulon Progo, Kamis (29/8/2019).

Acara tersebut menghadirkan narasumber dari G2G Know-How dari New Zealand, yakni Fajar Anugerah selaku Menejer Kemitraan Regional yang berbasis di Indonesia serta Brett Hollend dan Ceara McAuliffe Bickerton dari Creative HQ New Zealand.

Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo, Drs. Rudiyatno, M.M. mengungkapkan tujuan dari seminar internasional yakni mentransformasi pengalaman dan pengetahuan layanan publik di Selandia, baik kerangka berpikir maupun tantangan yang dihadapi.

“Menurut Bank Dunia, Selandia Baru adalah negara dengan peringkat 1 selama 2 tahun terakhir dalam hal kemudahan menjalankan usaha. Selandia Baru berhasil mengalahkan juara bertahan yakni Singapura. Maka dari itu diperlukan transfer ilmu untuk kita (Kulon Progo) dapat menjadi lebih baik kedepannya,” kata Rudi.

Rudi menambahkan bahwa teknologi digital dapat memudahkan pelayanan publik bagi masyarakat. “Teknologi digital yang ada di Kulon Progo melalui aplikasi-aplikasi yang telah dibangun diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan dan memudahkan masyarakat.

Sementara Fajar Anugerah dari G2G Know-How dari New Zealand menyampaikan di negara Selandia Baru telah memiliki sistem pelayanan digital yang dinamai smart start. Sistem ini dimiliki Kementerian-Kementerian untuk mempermudah alur kehidupan masyarakat mulai dari lahir, tumbuh kembang, sekolah, bekerja, berbisnis sampai meninggal dunia.

“Dari mulai awal kehamilan, vaksinasi, sampai anaknya sekolah ada dalam satu sistem dan untuk keamanan data juga sangat terjamin. Kalau mau ngurus bisnis tidak perlu datang ke Kementerian yang bebeda beda biasanya pelayanan dilakukan hanya dalam kurun waktu satu jam paling lama setengah hari,” ujar Fajar.

Smart Digital dapat memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat dengan harapan dapat dirasakan kemudahannya oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Smart Digital yang dibangun harus terintegrasi, jangan sampai masyarakat merasa kesulitan setelah masuk ke dalam website dikarenakan tampilan yang terlalu ruwet. Kemudahan Pelayanan publik harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkas Fajar.

KULON PROGO CUACA

Statistik

Online Sekarang18
Unique Visitor Hari Ini478
Unique Visitor Bulan Ini60157
Hits Hari Ini2713
Hits Bulan Ini226967

Pengadaan Barang & Jasa

Pelayanan Informasi PPID Pembantu



GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS

Diskominfo KP - X

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id