Kembangkan Potensi Desa melalui SID

Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Sosialisasi pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID) di ruang Binangun IV, kompleks Pemkab Kulon Progo, Jumat (26/7/2019). Acara yang dihadiri dari perwakilan 41 Desa di Kulon Progo. Menghadirkan narasumber dari Kepala Bidang (Kabid) Layanan Teknologi Informatika Dinas Kominfo DIY  Sugeng Wahyudi, S.Pd, M.Eng dan Jejaring open SID Yogyakarta Hermindya Wisnuadji.  

Disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo Drs.Rudiyatno M.M., mengatakan berkaitan pelayanan informasi kepada masyarakat dapat dioptimalisasi secara baik dalam rangka memeberikan pelayanan informasi kepada masyarakat yang dilakukan pemerintah Desa. Pada optimalisasi SID, data dari desa dapat terintegrasi di pemerintah Kabupaten.  

“Bahwa SID akan memudahkan Pemerintah desa dalam pelayanan. Dapat memberikan kemudahan bagi Desa pengguna aplikasi, baik dari sisi akurasi, maupun kecepatan pelayanan,” ungkapnya.

Rudiyatno berpesan agar dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan seksama, harapannya adanya bimtek atau sosialisasi dapat dilaksanakan dan dieksekusi, jika nantinya terdapat kendala dapat dikomunikasikan kembali dengan Kominfo Kuominfo Kulon Progo, agar informasi berjalan efektif di organisasi tersebut.

Salah satu narasumber Hermindya Wisnuadji dari Jejaring open SID Yogyakarta menjelaskan OpenSID adalah Sistem Informasi Desa (SID) yang sengaja dibuat supaya terbuka dan dapat dikembangkan bersama-sama oleh komunitas peduli SID. Terdapat tiga aspek yang harus terpenuhi dalam inisiatif berkelanjutan yakni regulasi, kelembagaan dan infrastuktur.

“SID diharapkan dapat membantu pemerintah desa dalam beberapa hal kantor desa lebih efisien dan efektif, pemerintah desa lebih transparan dan akuntabel, layanan publik lebih baik dan warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa. Sehingga Open SID dapat menerapkan sistem informasi untuk memajukan desanya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMD Dalduk KB) Sudarmanto, S.I.P., M.Si. mengatakan Kominfo dapat menjembatani bersama menguatkan dan mendorong dalam rangka pemanfaatan dan percepatan internet desa di Kulon Progo. Agar website desa berfungsi lebih baik dan dimanfaatkan. Salah satu contohnya hanya sebatas informasi kepada masyarakat.

“Memang untuk saat ini belum banyak website desa yang di update, sehingga dalam tatanan informasi yang update masih sangat kurang. Web site baru akan di update jika ada lomba desa saja,” jelasnya.

Sudarmanto menambahkan untuk pengembangan SID dalam pengelolaan website desa dapat berfungsi untuk mengexplore potensi pengembangan desa di masing  - masing desa. Sangat mungkin melalui SID dapat mengembangkan ekonomi kreatif di jika dimanfaatkan secara efisien. Selain itu SID sebagai digitalisasi pelayanan untuk Masyarakat. MC Kulon Progo/hry.