Era Industri 4.0 UMKM di Kulon Progo Harus Melek Teknologi Digital

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kulon Progo menggelar acara bimtek pelatihan pengembangan bisnis dalam rangka memajukan UMKM di era industri 4.0, di Rumah Makan (RM) Nggirli Wates Kulon Progo. Selasa (23/7/2019). Dihadiri oleh berbagai pelaku UMKM di Kulon Progo.

Dinas Kominfo Kulon Progo sebagai narasumber pelatihan pengembangan bisnis untuk UMKM. Acara diawali dengan pemaparan digital marketing oleh Kepala bidang (Kabid) Aplikasi Informatika (Aptika) Sutarman, S.STP., M. Eng., tentang era industri 4.0 dan juga seputar pelaksanaan program Smart City di Kulon Progo. Agar peserta mendapat semangat untuk beralih ke dunia digital dalam menjalankan usaha mereka.

Sutarman mengatakan dengan adanya pelaksanaan Smart City di Kulon Progo ini diharapkan produk - produk lokal dapat di kenal luas seluruh wilayah indonesia. Lewat salah satu aplikasi yang digunakan selain potensiana adalah aplikasi Geografics Information System (GIS).

“Dengan aplikasi ini masyarakat luas akan mengetahui apa saja layanan publik yang ada di Kulon Progo dengan basis lokasi. Termasuk informasi produk UMKM yg ada di Kulon Progo,” ungkapnya

Sutarman menambahkan dengan aplikasi GIS ini, Informasi UMKM tersebut akan disajikan dalam bentuk peta. Sehingga memudahkan masyarakat dalam menemukan UMKM dan produk yang akan dicari.

Sementara itu, saat simulasi aplikasi Potensiana.com yang disampaikan programmer sekaligus admin Potensiana dari Dinas Kominfo Kulon Progo Hengky Irawan, S. Kom., mengatakan materi ini sebagai bahan untuk edukasi agar peserta pelatihan paham dan mengerti cara menggunakan dan pemasaran produk - produk UMKM di Potensiana.com

“Penekanan materi adalah mengenai bagaimana membuat akun, membuat toko online di Potensiana.com, upload produk dan terakhir adalah simulasi transaksi antara pembeli dan penjual di Potensiana.com,” kata Hengky.

Peserta terlihat antusias dalam mengikuti acara pelatihan. Berbagai produk mereka juga dibawa ke acara sebagai sample produk yang akan dijual. Seperti keripik Crispy, minuman siap saji seperti Jahe, kopi dan lainnya. 

Dinas Koperasi dan UMKM Kulon Progo serta Dinas Kominfo berharap dengan adanya aplikasi yang dirancang oleh Pemerintah pusat ini bisa membantu dalam memasarkan produk – produk lokal Kulon Progo sekaligus juga sebagai sarana mensejahterakan ekonomi para warga di Kulon Progo. Untuk selengkapnya mengenai aplikasi ini bias diakses di www.potensiana.com. (MC Kulon Progo/Hry/Hky).