Kabupaten Kulon Progo Ikuti Evaluasi Smart City 2019

Dalam rangka memantau efektivitas pelaksanaan Gerakan menuju 100 smart city, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia  menggelar evaluasi secara berkala tiap tahun.

Pada tahap pertama tahun 2019 ini digelar di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Kegiatan diikuti oleh 75 kabupaten/kota seIndonesia, termasuk Kabupaten Kulon Progo. Acara dihelat di Hotel Aston Banyuwangi pada Selasa (18/6/2019),

Dibuka oleh Staf ahli Kemenkominfo Dr. Hery Abdul Aziz. Dalam sambutannya disampaikan bahwa evaluasi dilaksanakan bukan untuk menghakimi dan menilai benar atau salah, tapi bersama sama mencermati dan  menyampaikan apa saja  yg perlu diperbaiki serta disempurnakan.

"Hal yang harus mendapatkan perhatian adalah  menjaga komitmen pimpinan dan segenap pelaksana, serta bagaimana merealisasikan kolaborasi antar pihak yang terlibat," jelasnya

Kabupaten Kulon Progo melaksanan evaluasi sesuai jadwal pada Rabu (19/6/2019) dengan lima asesor berasal dari unsur akademisi dan praktisi yang diketuai Andi Mulyanto. Lima panelis diantaranya Andi Mulyanto (Ketua tim), Andrari Grahitandaru, Ahmad Djuneadi, Teddy Sukardi dan Bambang Dwi Anggono.

Evaluasi berupa paparan progres tahun 2019 dari aspek kesesuaian masterplan dengan Perda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), keselarasan pelaksanaan dengan master plan roadmap Smart city, progres dan keberlangsungan quick win, serta rencana quick win baru tahun 2019.

Implementasi smart city ini akan dievaluasi secara berkala 6 bulan sekali untuk secara intensif memantau dampak dan manfaatnya bagi peningkatan kualitas pelayanan publik  dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan.

_Kasi Pengembangan Sistem Informasi Kominfo Kulon Progo  Arita Handiyati, S.STP.