INFORMASI MENJADI PRIORITAS

Dengan adanya Bandara Baru “Yogyakarta International Airport” di Temon Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta tentu   banyak hal yang harus disosialisasikan dan diketahui oleh masyarakat.

Masyarakat datang ke Bandara baru untuk saat ini sebagian besar hanya “ingin tahu” seperti apa sebenarnya suasana dan bangunan Bandara baru yang begitu luas dan besar.

Namun untuk memasuki Bandara baru tentu banyak aturan yang harus ditaati apalagi saat ini, proses pembangunan Bandara masih berlangsung hingga selesai seratus persen, meski beberapa waktu lalu sudah untuk uji coba pendaratan pesawat komersial yang berlangsung hingga sekarang.

Selain itu, persoalan aktivitas bandara dengan beragam kesibukan pada sektor perdagangan, pariwisata, kuliner, promosi, transportasi, perhotelan, maupun sektor-sektor lain yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat selaku pengguna jasa penerbangan maupun pemangku kepentingan lainnya sangat membutuhkan “informasi” yang harus cepat dan segera ditangkap, sehingga mereka dapat mendapatkan pelayanan yang lebih baik.

Untuk itu, tentu butuh penyebarluasan informasi yang cepat, akurat, terjadwal, terprogram,  terukur, mudah didapat, serta berkelanjutan secara terus menerus.

Hal tersebut mengemuka pada kunjungan kerja Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo beserta jajaranya dan Ketua IWAPI Kulon Progo, ke PT. Angkasa Pura I Bandara Adisucipto Yogyakarta, pada hari Jumat (14/6).  

Kunjungan diterima oleh Share Service Senior Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Adisucipto, Yogyakarta,   Heru Purwo Wibowo dan Communication Officer PT. Angkasa Pura I Bandara Adisucipto Yogyakarta, Andhika, di ruang kerjanya.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Komunikasi Kulon Progo, Drs, Rudiyatno, MM menjelaskan, tugas pokok Dinas Kominfo adalah melaksanakan sebagian urusan Pemerintahan Daerah di bidang komunikasi, informatika dan hubungan masyarakat berdasarkan azas otonomi dan pembantuan. Sedangkan Fungsi Dinas Kominfo diantaranya adalah Pembinaan dan pelaksanaan komunikasi, informatika dan kehumasan yang meliputi pos dan telekomunikasi, sarana komunikasi, desiminasi informasi dan teknologi informasi serta hubungan masyarakat.

“Oleh sebab itu, Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo mencoba untuk melakukan kerjasama dalam hal penyebaran informasi yang terkait dengan kegiatan kebandarudaraan melalui media yang dimiliki Kominfo Kabupaten Kulon Progo, seperti : Portal Kulon Progo, Website Kominfo, dan Medsos.” Ujar  Rudiyatno      

Rudiyatno menambahkan, Dinas Kominfo bisa menerima support data-data, pemberitahuan, peristiwa atau kejadian aktual, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kepentingan publik terhadap keberadaan dan operasional Bandara. 

“Kerjasama ini dalam upaya lebih mempermudah informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat sebagai pengguna Bandara, sebelum masyarakat datang langsung ke Bandara.” kata Rudiyatno.

Share Service Senior Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Adisucipto, Yogyakarta, Heru Purwo Wibowo sangat menyambut baik atas keinginan kerjasama yang disampaikan Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo ini.

“Kami sangat setuju dengan rencana kerjasama Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, karena hal ini justru akan membantu menginformasikan berbagai hal yang terkait dengan kepentingan Bandara maupun bagi kepentingan pembangunan di Kabupaten Kulon Progo dalam segala aspek tidak hanya urusan kebandarudaraan.” Tegas Heru.

Heru menyampaikan, pihaknya dengan senang hati akan mensuport data atau berbagai informasi yang bermanfaat bagi Kulon Progo dengan men-share atau mem-publish informasi yang memang menjadi prioritas bagi PT. Angkasa Pura I, karena keberadaan Bandara baru butuh sosialisasi yang lebih sering sampai masyarakat tahu betul tentang Bandara YIA dengan segala aktivitasnya.

“Hal ini akan lebih efektif jika Media informasi yang dimiliki Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo dapat terhubung langsung dengan Media informasi Bandara YIA nantinya. Untuk mewujudkan kerjasama ini pihak Kominfo cukup mengirim surat kepada PT.Angkasa Pura I yang akan segera ditindaklanjuti”  lanjut Heru.

Menurut Communication Officer PT. Angkasa Pura  I, Bandara Adisucipto, Yogyakarta, Andhika, untuk sementara waktu Teknologi Informasi masih dipegang proyek YIA dari pusat, namun demikian pihaknya secepatnya akan berkoordinasi agar bisa segera terwujud.

“Pihaknya saat ini sedang berkonsentrasi untuk merencanakan sosialisasi dan edukasi secara langsung dengan mengajak atau mengundang warga terdampak Bandara dan warga masyarakat sekitar untuk masuk Bandara. Mereka akan diperkenalkan dengan lingkungan dalam Bandara dan operasional Bandara.” terang Andhika.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statisitik Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo, R. Sigit Purnomo, SIP, secara teknis akan melaksanakan kerjasama ini, karena Kominfo sudah memiliki wadah yang akan digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi tersebut, baik itu Portal Kulon Progo, Website, Medsos maupun wadah informasi lain yang juga dikelola seperti KIM, PPID dan sebagainya. (Sie-PIKP)