Kelompok
Informasi Masyarakat (KIM) di kabupaten Kulon Progo dibentuk sebagai kepanjangan
tangan dari Pemkab Kulon Progo untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.
Dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinas Kominfo) kabupaten Kulon
Progo bertanggungjawab atas pembinaan dan
keberlanjutan KIM.
Salah
satu upaya untuk menjaga keberlangsungan KIM di Kabupaten Kulon Progo Dinas Kominfo
menggelar pelatihan website untuk 11 KIM di Kulon Progo. Bertempat di ruang
rapat Binangun IV kompleks Pemkab, Wates. Rabu (20/3/2019).
Kepala
Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik, R. Sigit Purnomo
mengungkapkan tujuan dari pelatihan website KIM untuk mendukung smart city di
Kulon Progo.
“Di era
digital seperti sekarang ini, semua hal sudah berbasis teknologi. Sehingga dengan
adanya pelatihan website, KIM di Kulon Progo dapat aktif dalam membuat berita
dan mengisi konten di website KIM nya masing – masing, “ kata Sigit.
Sigit
menyampaikan lebih lanjut bahwa rencananya di tahun 2020, Dinas Kominfo akan
mengadakan KIM award dan Komisi Informasi DIY juga akan melibatkan KIM dalam
penilaian Monev keterbukaan informasi badan publik.
“Harapan
kami kedepan, dengan adanya KIM award dan Monev KIM akan menumbuhkan semangat dalam
pengelolaan KIM dan juga KIM di Kulon Progo dapat bertambah,” ujarnya.
Salah
satu peserta dari KIM Sumber Rejeki mengungkapkan pelatihan website sangat bermanfaat,
selain itu menambah pengetahuan dalam menulis berita sehingga kami dapat
menyampaikan informasi secara dua arah yakni secara manual (tatap muka) dan
melalui website.
“Setelah
pelatihan ini, kami akan berusaha dapat membantu menyampaikan informasi kepada
masyarakat dengan lebih cepat dan dalam jangkauan yang lebih luas,” pungkas
Yudi.
Online Sekarang | 28 |
Unique Visitor Hari Ini | 370 |
Unique Visitor Bulan Ini | 32444 |
Hits Hari Ini | 1034 |
Hits Bulan Ini | 110376 |
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo
Alamat: Jl. Tamtama, No.3 Wates, Kulon Progo 55611, Telp: Telp./ Fax (0274) 773272
Email: kominfo@kulonprogokab.go.id