11 KIM di Kulon Progo Ikuti Pelatihan Website

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di kabupaten Kulon Progo dibentuk sebagai kepanjangan tangan dari Pemkab Kulon Progo untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinas Kominfo) kabupaten Kulon Progo bertanggungjawab  atas pembinaan dan keberlanjutan KIM.

Salah satu upaya untuk menjaga keberlangsungan KIM di Kabupaten Kulon Progo Dinas Kominfo menggelar pelatihan website untuk 11 KIM di Kulon Progo. Bertempat di ruang rapat Binangun IV kompleks Pemkab, Wates. Rabu (20/3/2019).

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik, R. Sigit Purnomo mengungkapkan tujuan dari pelatihan website KIM untuk mendukung smart city di Kulon Progo.

“Di era digital seperti sekarang ini, semua hal sudah berbasis teknologi. Sehingga dengan adanya pelatihan website, KIM di Kulon Progo dapat aktif dalam membuat berita dan mengisi konten di website KIM nya masing – masing, “ kata Sigit.

Sigit menyampaikan lebih lanjut bahwa rencananya di tahun 2020, Dinas Kominfo akan mengadakan KIM award dan Komisi Informasi DIY juga akan melibatkan KIM dalam penilaian Monev keterbukaan informasi badan publik.

“Harapan kami kedepan, dengan adanya KIM award dan Monev KIM akan menumbuhkan semangat dalam pengelolaan KIM dan juga KIM di Kulon Progo dapat bertambah,” ujarnya.

Salah satu peserta dari KIM Sumber Rejeki mengungkapkan pelatihan website sangat bermanfaat, selain itu menambah pengetahuan dalam menulis berita sehingga kami dapat menyampaikan informasi secara dua arah yakni secara manual (tatap muka) dan melalui website.

“Setelah pelatihan ini, kami akan berusaha dapat membantu menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan lebih cepat dan dalam jangkauan yang lebih luas,” pungkas Yudi.