DINAS KOMINFO LAKUKAN GERTAK PSN

Dalam rangka Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (Gertak PSN) Kabupaten Kulon Progo. Dinas Kominfo menggelar kerja bakti bersih kantor dan 3 M plus, Jumat (22/2/2019) di halaman kantor Dinas Kominfo. Kerja bakti di ikuti seluruh karyawan Dinas Kominfo Kulon Progo.

Kegiatan tersebut dalam rangka antisipasi Demam Berdarah Dengue (DBD). Kerja bakti bersih kantor dimaksudkan agar lingkungan kantor bersih terbebas dari sampah dan jentik nyamuk.

Ditemui saat kerja bakti berlangsung Sekretaris Dinas Kominfo Kulon Progo Heri Darmawan A.P M.M menjelaskan sebagai tindak lanjut dan mendukung kegiatan GERTAK PSN di Kulon Progo, karyawan di Dinas Kominfo kami gerakkan untuk melakukan kegiatan kerja bakti 3 M plus di lingkungan kerja terutama lokasi - lokasi yg dimungkinkan untuk   sarang nyamuk seperti saluran air, taman, selokan, kamar kecil dll.  Kegiatan ini juga kami minta untuk dilakukan di rumah dan lingkungan masing masing.

“Harapan kami dengan lingkungan kerja yang bersih, sehat dan nyaman akan sangat membantu mewujudkan Kulon Progo bebas dari sarang nyamuk,” kata Heri.

Lebih lanjut Heri Darmawan mengungkapkan yang lebih penting adalah harus ada kesadaran dan menjadi kebutuhan untuk menjaga kebersihan  baik di lingkungan rumah maupun kerja. gerakan pemberantasan sarang nyamuk ini penting untuk sosialisasi kepada masyarakat sekaligus mencegah demam berdarah,” jelasnya.

3 M plus sendiri adalah Memberantas, Menutup, Mengubur dan plus sendiri diantaranya menaburkan bubuk pembunuh jentik, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di kamar mandi, memakai obat mencegah gigitan nyamuk, dan sebagainya.

Himbauan dari Dinas Kesehatan Kulon Progo terkait Gertak PSN dilaksanakan secara rutin berturut – turut setiap jumat selama empat minggu dan diharapkan tetap dilanjutkan secara mandiri pada minggu – minggu berikutnya. Karena merupakan cara yang efektif dalam pencegahan penularan DBD.