Dinas Dikpora Kulon Progo Gelar Bimtek SIM PendekarKU

Pemerintah kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora)  Kabupaten Kulon Progo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) SIM PendekarKU di Gedung Pertemuan “SADEWA” Dinas Dikpora Unit 1. Acara dihadiri oleh kepala sekolah serta operator dan komite sekolah baik SD maupun SMP di 12 kecamatan di Kulon Progo.

Kepala bidang pembinaan SMP Jujur Santoso, S.Pd., M.Hum., mengatakan publikasi Pendidikan Karakter  dapat terlihat, melalui SIM PendekarKU. Sehingga Dinas Pendidikan dapat dengan mudah memantau Kegiatan Pendidikan Karakter disetiap sekolah di Kulon Progo.

“Pendidikan Karakter di kabupaten Kulon Progo sudah berjalan sesuai dengan instruksi Bupati. Melalui SIM PendekarKu Dinas Dikpora dapat dengan cepat mengawasi pendidikan karakter di setiap sekolah di Kulon Progo” ungkap Santoso.

 

Sementara Kepala Sub Bagian Perencanaan Dian Putera Karana, S.Pd., M.Pd., menyampaikan melalui SIM PendekarKu diharapkan mampu menjembatani peran masyarakat dan orang tua dalam Pendidikan di Kabupaten Kulon Progo.

 

“Sejak Pemkab Kulon Progo menerapkan Program Pendidikan Karakter (PPK), diharapkan masyarakat dan orang tua agar dapat terlibat dalam Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. Dengan kemudahan SIM PendekarKU yang berbasis web dapat digunakan baik oleh guru dan komite serta masyarakat terutama orang tua untuk memantau perkembangan PPK di kabupaten Kulon Progo” ungkap Dian.

 

Sementara Eri dan Agustin setyorini selaku mitra Dinas Dikpora yang memimpin pelatihan mengatakan bahwa dalam Web SIM PendekarKu terdapat tiga laporan yang dapat diisi, yakni laporan capaian, laporan umum, dan laporan khusus .

 

“laporan capaian merupakan laporan tentang aktivitas keagamaan di sekolah, dan laporan umum merupakan laporan aktivitas per kelas sehari hari, sedangkan laporan khusus dapat di isi dengan foto kegiatan pilihan sekolah perhari yang menonjol dan masyarakat dapat berperan memberikan komentar dikolom yang disediakan,” kata Agustin.

 

Kepala Sekolah SMPN 2 Sentolo Nugraheni Dwi Wuryantina berpendapat bahwa dengan penggunaan SIM PendekarKu dapat menjadikan guru lebih disiplin sehingga dapat memajukan Pendidikan di Kabupaten Kulon Progo.

 

“Penggunaan SIM PendekarKu tentunya mampu untuk memajukan Pendidikan di Kabupaten Kulon Progo dikarenakan dapat menjadikan guru lebih disiplin serta kegiatan sekolah dapat terpantau langsung oleh Dinas Pendidikan” kata Nugraheni.