Literasi Digital Persiapan Belabeliku.com

Pengasih - Saat ini, hampir semua aspek kehidupan sudah berbasis digital. Hal tersebut menuntut seluruh lapisan masyarakat untuk beradaptasi dengan penggunaan internet dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu yang merasakan dampak teknologi digital yaitu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang harus menyesuaikan dan masuk dalam dunia digital dalam kegiatan jual-belinya. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menyambut baik era digital ini dengan berupaya mewujudkan smart city di Kulon Progo.

Dalam menghadapi hal tersebut, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menyelenggarakan Literasi Digital Bagi Pelaku UMKM di Ruang Rapat Dinas Koperasi UKM, Selasa (27/11). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan belabeliku.com yang akan mulai dioperasikan pada awal tahun 2019 mendatang.

Belabeliku.com merupakan situs jual beli online yang dibuat khusus bagi pelaku UMKM di Kulon Progo, sebagai salah satu dari tiga quick win untuk mewujudkan smart city di Kulon Progo selain BumilKu dan IzinKu. Acara dihadiri oleh para pelaku UMKM terpilih yang akan dimasukkan dalam situs belabeliku.com, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Perdagangan, serta Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Literasi digital ini merupakan gelombang yang kedua. Gelombang pertama sudah dilaksanakan Oktober yang lalu, dan hasilnya sudah diserahkan kepada pengampu pelaksana belabeliku.com. Belabeliku.com ini merupakan inisiatif langsung dari Bupati Kulon Progo untuk bisa mengenalkan dan memperluas jangkauan pasar UMKM kita,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Dinas Koperasi UKM, Muh. Haryono, S.IP dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Koperasi UKM.

Selain itu, Haryono juga menyampaikan harapannya dengan adanya belabeliku.com yakni agar situs ini dapat lebih mengenalkan produk-produk dari Kulon Progo kepada seluruh  masyarakat di Jawa Tengah bahkan Indonesia.

“Hal yang perlu dipersiapkan betul-betul oleh para pelaku UMKM di Kulon Progo dalam menjalankan belabeliku.com ini yaitu terkait dengan pemenuhan permintaan pasar terhadap produk kita. Jangan sampai ketika permintaan pasar kita tinggi, kita justru tidak mampu memenuhinya,” pungkasnya.