Diskominfo Jembrana Tertarik Statistik dan Satu Data

Wates - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jembrana, Bali melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kominfo Kulon Progo. Rombongan dari Diskominfo Jembrana diterima di Ruang Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo, Kamis (15/11). Rombongan sebanyak enam orang dan dipimpin oleh Maya Sariandiningsih selaku Kepala Bidang Statistik Diskominfo Jembrana. 


Maya Sariandiningsih mengungkapkan maksud dan tujuan kunker tersebut untuk menambah wawasan serta ingin mengetahui lebih dalam pengelolaan data di Kulon Progo, pengelolaan statistik serta progres satu data yang diterapkan oleh Dinas Kominfo Kulon Progo.

“Kami memperoleh referensi kunjungan kerja dari Diskominfo Buleleng, Bali. Maksud kedatangan kami untuk menambah wawasan serta penasaran terhadap satu data di Kabupaten Kulon Progo dari kebijakannya, prosesnya, serta implementasinya,” ungkap Maya.

Acara tersebut diterima oleh R. Sigit Purnomo selaku Kabid Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS), dan Etik Nurmayanti selaku Kasie Statistik. R. Sigit Purnomo menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan yang diberikan.


“Kami sampaikan selamat datang di Kulon Progo, ini merupakan momentum untuk saling sharing terkait satu data. Komitmen dari pimpinan merupakan kunci berjalannya satu data di Kulon Progo. Bupati kami sangat mendukung terhadap satu data untuk menunjang penyebarluasan informasi kepada masyarakat berupa data yang cepat, tepat, akurat dan mudah didapat melalui website Dinas Kominfo serta website Pemda Kulon Progo,” katanya.


Sigit juga menambahkan meskipun satu data sudah berjalan di Kulon Progo, namun saat ini baru sekitar 300 data set jika ditotal sekitar 600 file yang sudah dapat diakses secara luas oleh masyarakat. Sistem aplikasi satu data belum terintegrasi dengan aplikasi diluar satu data.


“Harapannya, kedepan aplikasi ini sudah mampu terintegrasi dengan aplikasi yang lain sehingga memudahkan petugas data di masing-masing OPD dalam mengunggah data sehingga lebih efektif dan efisien dalam bekerja,” tambah Sigit.