Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-73

Wates – Masyarakat Kulon Progo melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-73 di Alun-Alun Wates, Sabtu (10/11). Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. Sutedjo dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kulon Progo, Kapolres Kulon Progo, AKBP Anggar Nasution, S.H., SIK., M.M., Pengadilan Agama Kulon Progo, DAN POS TNI AL Karangwuni, Kejaksaan Negeri Kulon Progo, Pengadilan Negeri Wates, DAN SAT Radar 215 Congot dan seluruh kepala OPD Kulon Progo lainnya.

Rangkaian upacara diawali dengan pengibaran Sang Merah Putih yang dipimpin oleh Komandan Upacara, Kapten Lek Agus Sofyan dengan pembawa bendera Laurentius Cahyo, Ihsanul Firdaus, dan Lintang Sukma P. dari Purna Paskibraka Indonesia Kulon Progo (PPI KP).

Acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, pesan-pesan pahlawan atau kata-kata mutiara, dan diakhiri dengan amanat serta pembacaan doa dari Wakil Bupati Kulon Progo. Setelah upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Giripeni dan Makam Nyi Ageng Serang di Kalibawang.

Wakil Bupati Kulon Progo menyampaikan amanat dari Mentri Sosial Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si yang beriskan tema dari hari pahlawan tahun ini yaitu “Semangat Pahlawan di Dadaku”

“Tema tersebut yang mengambil makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Oleh karna itu, siapa pun dapat menjadi pahlawan setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali, dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemasyarakatan diri dan lingkungan sekitar bagi bangsa dan negara,” paparnya.

Ziarah regu pertama dihadiri oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Sekretaris Daerah, Kapolres, Pengadilan Agama Kulon Progo, Dan Pos TNI AL Karangwuni, dan lain-lain. Sementara itu, ziarah regu kedua dihadiri oleh Kejaksaan Negeri Kulon Progo, Pengadilan Negeri Wates, Ketua DPRD, dan lain-lain. Rombongan berkumpul dan berangkat bersama dari depan rumah Dinas Bupati Kulon Progo.