Dinas PMD Dalduk dan KB selenggarakan Bursa Inovasi Desa

Wates - Sebagai salah satu upaya memaksimalkan Program Inovasi Desa (PID) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas PMD Dalduk dan KB) akan menyelenggarakan Bursa Inovasi Desa (BID). Hal tersebut disampaikan melalui press conference yang digelar di Rumah Makan Dapur Semar, Selasa (30/10).

“BID merupakan salah satu cara, media, atau instrumen untuk berbagi informasi mengenai praktik-praktik kemajuan atau best practice di berbagai desa baik di dalam maupun di luar Kulon Progo, agar bisa kita sebar luaskan ke desa-desa yang lain, dalam rangka untuk percepatan kualitas pembangunan di Kabupaten Kulon Progo,” papar Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB, Sudarmanto, S.I.P., M.Si.

Rencananya, BID akan digelar pada hari Sabtu (3/11) di Gedung Olah Raga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Wates pukul 08.00 WIB. Penyelenggaraan BID menggunakan pendekatan bursa. Bukan berupa barang yang diperjual-belikan, namun pertukaran gagasan dan inovasi desa, pemaparan, pengamatan, unit belajar (learning unit) atau jendela bursa, multi media, serta bimbingan dan konsultasi. Nantinya, terdapat tiga ruang bursa yaitu Ruang Bursa A (Bidang Kewirausahaan dan Pengembangan Ekonomi Lokal), Ruang Bursa B (Bidang Pengembangan SDM), dan Ruang Bursa C (Infrastruktur Desa). Ruang-ruang bursa ini sebagai sarana desa untuk melakukan “transaksi” mengambil komitmen praktik inovasi yang akan direplikasi oleh desa.

“Dengan adanya BID ini, peserta diharapkan bisa menerapkan konsep ATM : Amati, Tiru, dan Modifikasi di desa masing-masing,” tambah Sudarmanto.