Dinas Kominfo Kendal Kunjungi Kominfo Kulon Progo

Dinas Kominfo Kendal, Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja ke Kulon Progo, tepatnya di Dinas Kominfo Kulon Progo. Rombongan yang berjumlah tujuh orang tersebut dipimpin oleh Ardi Prasetyo, S.STP.,M.M. Rombongan tersebut diterima oleh Sekretaris Dinas Kominfo Kulon Progo, Heri Darmawan di ruang Binangun IV Pemerintah Daerah (Pemda Kulon Progo). Kamis (27/9).

Ardi Prasetyo, S.STP.,M.M. selaku Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Dinas Kominfo Kendal mengungkapkan kunjungan kerja tersebut dilaksanakan dalam rangka memperdalam pengetahuan dan pengalaman tentang pengelolaan dan pemanfaatan website desa untuk memberikan pelayanan pada masyarakat.

“Maksud kedatangan kami selain ingin mengetahui pengelolaan website desa di Kulon Progo juga tertarik dengan Tata Naskah Dinas Elektonik (TNDE), Pembangunan Fiber Optik dan jaringan internet desa,” ungkapnya.

Heri Darmawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Kominfo Kendal atas kunjungan kerja yang dilaksanakan di Kulon Progo. Saat ini Dinas Kominfo Kulon Progo sedang dalam proses menyusun Perbup Keterbukaan Informasi Pemerintahan Desa. Terkait dengan TNDE di Kulon Progo masih dalam proses implementasi pelaksanaannya sedangkan regulasi berkenaan dengan TNDE sudah diterbitkan sejak tahun 2013.

“Dinas Kominfo Kulon Progo sedang dalam proses menyusun Perbup Keterbukaan Informasi Pemerintahan Desa. Inti dari Perbup tersebut adalah untuk mendorong Pemerintah Desa di Kulon Progo untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik, peningkatan pelayanan pada masyarakat, efisiensi dan akuntabilitas pengelolaan anggaran melalui pengelolaan website desa, sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam membangun desa, pemberdayaan masyarakat dan memperoleh informasi secara mudah,” kata Heri.

Sementara Arita Handiyati, S.STP selaku Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi Dinas Kominfo Kulon Progo menambahakan bahwa untuk jaringan Fiber Optik (FO) , Pemda Kulon Progo bekerjasama dengan Perumda Aneka Usaha Kulon Progo dalam membangun infrastruktur jaringan internet sampai tingkat desa.

“Kami bekerjasama dengan Perumda Aneka Usaha Kulon Progo, meskipun tahun ini belum dapat menyeluruh menjangkau semua desa namun kami berupaya FO dapat terbangun diseluruh desa di Kulon Progo. Menanggapi website desa di Kulon Progo, dari 87 desa belum semua mempunyai website. Baru 35 desa yang sudah memiliki website dan kami fasilitasi dengan menginduk pada portal Pemda Kulon Progo, untuk pengelolaan dan isi website tersebut kami serahkan kepada desa masing-masing desa,” ujarnya.

Selama ini Dinas Kominfo Kulon Progo juga berupaya mendorong pengelolaan website desa di Kulon Progo antara lain dengan mengadakan pelatihan jurnalistik dan menejemen website dengan menghadirkan narasumber dari Paguyuban Wartawan Kulon Progo (PWK).