Bawaslu Kulon Progo Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Damai

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabuapten Kulon Progo menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Damai dan Deklarasi Kampanye Damai, Pemilu Bersih dan Berintegritas diakhir acara, di Hotel King's, Kecamatan Wates. Sabtu (22/9).


Ria Harlinawati selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Kulon Progo mengungkapkan bahwa sosialisasi dan deklarasi yang diadakan oleh Bawaslu Kulon Progo bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi peserta Pileg karena besok sudah masuk masa kampanye," ungkap Ria


Ria berharap, melalui kegiatan
tersebut, dapat terbentuk kesepahaman tentang pelaksanaan kampanye yang tertib dan berintegritas.

 

“Berharap tahun ini pelaksanaan kampanye dapat berjalan lancar, sesuai dengan perundang-udangan yang berlaku,” katanya.


Beberapa materi yang disampaikan dalam acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Damai antara lain membahas Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 59 Tahun 2018 tentang Pemasangan Alat Peraga Kampanye dan Fasilitas Umum Tempat Kampanye Pemilu 2019 oleh Nur Wahyudi selaku Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Kulon Progo.

 

Selain itu juga disampaikan materi tentang Metode Kampanye, Potensi masalah pada saat kampanye seperti penayangan iklan kampanye di media cetak dan elektronik selain yang difasilitasi oleh KPU, kampanye di media sosial yang akunnya tidak terdaftaran kepada KPU Provinsi/KPU Kabupaten/KIP Kabupaten/Kota, pemberitaan dan penyiaran kampanye yang tidak berimbang, dan adanya terakhir politik uang.


Bawaslu Kulon Progo bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kulon Progo juga
sudah mulai melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) yang sudah dipasang sebelum memasuki masa kampanye. Penertiban masih berlangsung hingga sore hari ini.


"Penertiban sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Sebelumnya kami telah memberikan surat imbauan sebanyak tiga kali. Ada APK yang langsung diturunkan, tapi ada pula yang tetap dipasang," kata dia.

 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulon Progo, Muh Isnaini berharap melalui sejumlah deklarasi pemilu damai yang dilakukan di Kulon Progo, pelaksanaan kampanye hingga waktu pemilihan bisa berlangsung sesuai harapan.

"Sebelumnya dari Polres Kulon Progo, kemudian dari KPU. Hingga hari ini dari Bawaslu. Semoga pelaksanaannya bisa sesuai harapan," kata dia.


KPU
Kabupaten Kulon Progo telah menerima daftar sejumlah nama pelaksana kampanye dan petugas kampanye dari setiap parpol. Penerimaan daftar nama pelaksana kampanye dan petugas kampanye masih dibuka hingga sore hari ini.