BSSN Selenggarakan Diklat Sandiman Dasar

Pusdiklat Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan studi lapangan bagi para peserta diklat sandiman dasar angkatan ke-208 dan 209 tahun 2018. Di Sabtu (1/9) di Rumah Sandi Negara dusun Dukuh, desa Purwoharjo, kecamatan Samigaluh.

 

Kegiatan tersebut sebagai rangkaian kurikulum dan materi diklat sandi, dalam upaya perbandingan dan penambahan wawasan tentang etika profesi, tata kelola informasi dan operasional persandian di UTP Pusat dan UTP Daerah serta untuk mengetahui lebih dalam mengenai sejarah persandian Indonesia.

 

Rangkaian kegiatan meliputi Gladi Apel Napak Tilas yang dibuka oleh Kepala Pusdiklat Badan Siber dan Sandi Negara, Wida Sandrayanti, Napak Tilas Persandian di wilayah Kecamatan Kalibawang dan Samigaluh, sarasehan di Rumah Sandi Negara dusun Dukuh, desa Purwoharjo, kecamatan Samigaluh.

 

Narasumber kegiatan sarasehan yakni Setyo Budi Prabowo selaku koordinator Museum Sandi Yogyakarta. keberadaan rumah sandi kepada peserta diklat, dan memberikan pengetahuan akan peran penting rumah sandi pada jamannya ketika mempertahankan kemerdekaan.

 

“Peserta yang mengikuti acara ini cukup banyak, 34 Peserta Diklat beserta 14 orang pendamping yang terdiri dari pejabat struktural dan fungsional umum Badan Siber dan Sandi Negara. Diharapkan para peserta dapat mengetahui tentang rumah sandi dan dari sejarahnya.”

 

Rute perjalanan Napak Tilas dimulai dari lapangan Dekso (Banjararum) ke Banaran (Markas T.B Simatupang, Banjarsari) sampai Dukuh (Rumah Sandi, Purwoharjo).