Kulon Progo Lakukan Pelatihan Marketplace Belabeliku.com

Seminar dan Pelatihan Marketplace Kulon Progo Belabeliku.com yang diselenggarakan oleh Aneka Usaha bertempat di King’s Hotel, Jl. Khudori No.20, Area Sawah, Wates, Kabupaten Kulon Progo, Kamis (30/8).

Komisaris PT. Sumber Aneka Solusi, Noor pramadi menyampaikan Belabeliku merupakan inisiasi dari bupati kulon progo untuk menyikapi persaingan usaha pada saat ini seiring dengan perkembangan jaman. Pelaku Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM) saat ini ada 137 yang teregistrasi dan yang belum teregistrasi 160 UMKM.

Harapannya Belabeliku mampu bersaing ditingkat Nasional karena mendapatkan akses penjualan tanpa batas di luar sana. Kemudian dalam pengembangannya kami akan memberikan fasilitas pengembangan pelaku UMKM dimana tidak menjual saja yaitu fasilitas asuransi.

“Produknya masih berkutat pada produk ada makan, batik, souvenir dan sebagainya. Sebenarnya kami berharap seperti kesenian angguk dan jathilan bisa di onlinekan. Jadi tidak hanya produk makanan tetapi juga jasa dapat di onlinekan” tambahnya

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo menyampaikan pentingnya Belabeliku.com ini hadir di tengah-tengah masyarakat Kulon Progo agar mempermudah dalam pemasaran produk dan pembelian produk di Kulon Progo. Belabeliku.com menjadi salah satu bagian dari Quick Win dalam program Smart City Kabupaten Kulon Progo.

“Harapannya Belabeliku.com ini juga akan bisa menjadi bagian dari Quick Win untuk program Smart City dan program internet. Quick Win ada beberapa diantaranya adalah dibidang kesehatan, bidang pelayanan dan seterusnya di bidang Pendidikan” ujarnya

Direktur Jendral Aplikasi Informatikan Semuel Abrijani Pangerapan, mengapresiasi pada Kulon Progo karena ini yang di nanti oleh pemerintah bagaimana daerah itu mempunyai marketplace untuk daerahnya untuk mempromosikan produk dan jasa di daerahnya dengan hadirnya Belabeliku ini bisa menganjak semua terutama yang kecil-kecil.

“Diharapkan dari kulonprogo bisa menyeluruh ke Indonesia dimana semua produk barang dan jasa semua transaksi online, ini bisa dengan transaksi online akan tercatat dengan data tersebut kita dapat tau keinginan market itu.  Dengan inilah kita dapat memperbaiki produk yang ada” ujar Semuel.

“Untuk sekarang ini semua pelaku pengusaha online dan UMKM kita ajak untuk masuk belabeliku terutama yang ada di Kulon Progo. Ekonomi kulon progo akan muter di kulon progo sehingga dapat membantu UMKM yang masih akan tumbuh. Jadi membangun ekonomi bersama sama” tambahnya.