Peringatan Harkitnas Perkuat Pondasi Persatuan dan Kesatuan Bangsa

WATES, Bangsa Indonesia kembali memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap tanggal 20 Mei sekaligus hari yang menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia. Pemda Kulon Progo melaksanakan upacara bendera Peringatan Harkitnas di halaman Pemda Kulon Progo Senin (21/5) dengan inspektur upacara Wakil Bupati Kulon Progo, komandan upacara Kapten Inf. Isngafuan dari Kodim 0731 Kabupaten Kulon Progo dan trio pengibar bendera dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Kulon Progo yakni Kostrananda Prawirayudha, Hanif Ragil Prakoso dan Ahmed Nur Prastowo.

Peringatan Hardiknas ke-110 tahun 2018 mengambil tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital”. Dalam Pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo menyampaikan peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2018 harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak.

“Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia.” paparnya

Dalam visi misi Presiden dan wakil Presiden Jokowi-JK, pembangunan mental dan karakter bangsa menjadi salah satu prioritas utama program pembangunan pemerintahan Indonesia. Pembangunan karakter tidak hanya dijajaran birokrasi pemerintah, tetapi juga pada seluruh komponen masyarakat. Pembangunan karakter yang disebut dengan “revolusi mental” tersebut diharapkan akan menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang kreatif, inovatif, berdedikasi, disiplin, kerja keras dan taat aturan.

Wakil Bupati Kulon Progo berharap persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia semakin kuat tidak mudah terpecah belah sehingga cita-cita Bangsa Indonesia dapat terwujud. Cita-cita Bangsa Indonesia meliputi: melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

“Kita jangan mudah terprovokasi pada pikiran-pikiran yang mengancam persatuan dan kesatuan, marilah kita bersatu padu untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia. Salah satu upayanya dengan pendidikan karakter di Kabupaten Kulon Progo dapat membawa generasi penerus mampu memlihara persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.” ujar Sutedjo saat wawancara seusai upacara bendera.