MEDAN YANG SULIT, BUPATI TINJAU BEDAH RUMAH DENGAN MOTOR

 

Wilayah Kecamatan Kokap sebagian besar adalah pegunungan, sehingga tidak semua lokasi rumah tinggal dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat, tak terkecuali rumah milik Tarmidi dan juga Waginem yang berada di pedukuhan Plampang desa Kalirejo Kokap. Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo bersama Wakil Bupati Drs.Sutedjo yang setiap minggu bedah rumah pada Minggu (29/4)  menyempatkan untuk meninjau bedah rumah yang harus mengendarai sepeda motor diboncengkan warga setempat untuk sampai lokasi, jaraknya sekitar dua kilometer dari jalan aspal kabupaten, sementara jalan desa yang dicor semen telah banyak yang mengelupas.  Bahkan untuk sampai lokasi dengan menyusuri  jalan setapak yang sulit  dilewati sepeda motor.

Namun demikian kegotongroyongan warga masyarakat sangat tinggi, rumah yang hampir roboh telah berhasil di bongkar dan beberapa warga telah menyiapkan dinding rumah dengan papan, untuk mengantikan dinding bamboo yang telah using.

Menurut Kepala Desa Kalirejo Lana, rumah Tarmidi memperoleh bantuan perbaikan rumah dari Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Desa Kalirejo. Pembangunan tidak harus dengan menggunakan papan semen tetapi memanfaatkan papan kayu yang ada. Beberapa tiang yang keropos diganti sehingga tidak membahayakan ketika dimanfaatkan sehari-harinya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo sangat mendukung upaya pemerintah desa Kalirejo yang memperhatikan rumah tinggal warganya sehingga layak untuk tempat tinggal.

"Tidak harus dengan tembok, dengan papan yang baik juga sehat, yang penting lantainya diharapkan di plester, jamban juga diperhatikan, biar rumahnya sehat, penghuninya juga sehat,"pinta Hasto.