Bersepeda Perangi Narkoba

Komunitas Sepeda Kulon Progo (KSKP) mengadakan Gowes Bareng (GOBAR) #4 dengan titik start di taman kota Alun-alun Wates dan finish di halaman Masjid Pura Pakualaman Girigonodo, Temon. Sabtu (17/3). Tujuan dari acara tersebut untuk mendukung upaya Pemerintah dalam kampaye anti narkoba di Kabupaten Kulon Progo dan DIY dengan mengambil tema Perangi Narkoba dengan Bersepeda.

GOBAR KSKP tersebut dibuka langsung oleh kepala Dinas Dikpora Kulon Progo, Sumarsana. Di hadiri oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan serta kepala OPD di lingkungan Kulon Progo. Jumlah peserta yang hadir sekitar 400 orang terdiri dari goweser Kulon Progo serta dari luar kota. Komunitas sepeda tumpah ruah berkumpul bersama dari Sleman, Bantul, DIY dll.

Dalam saambutan bupati Kulon progo yang disampaikan oleh arif sudarminto selaku Staf Ahli bidang pemerintahan berharap bahwa dengan diadakannya kegiatan GOWES dapat efektif untuk memerangi Narkoba yang ada di Kulon Progo serta dapat mengajak warga Kulon Progo untuk hidup sehat dengan berolahraga contohnya olahraga murah namun menyehatkan yaitu dengan bersepeda.

Selain bersepeda juga diadakan senam bersama, potong tumpeng, deklarasi Anti Narkoba serta penanaman pohon. Para peserta sangat antusias dalam acara tersebut, hal ini terlihat banyaknya peserta yang hadir serta turut aktif berpartisipasi dalam kegiatan. Bondan Budi Legowo (24) salah satu peserta dari Kedunggalih, Pengasih juga tergabung dalam komunitas Cruzer Yogyakarta menyampaikan senang dapat mengikuti acara GOBAR KSKP, hal ini disampaikannya saat waawancaara Sabtu (7/3)

“saya sangat senang dapat mengikuti acara ini, luar biasa sambutannya dan acaranya sangat positif. Saya berharap acara seperti ini dapat diadakan lagi, lebih ramai lagi dan yang pasti dengan bersepeda mari sama-sama kita perangi NARKOBA”.

Sedangkan Triyanto Raharjo selaku ketua penyelenggara menyampaikan bahwa selain untuk memerangi narkoba dengan bersepeda, acara GOWES juga untuk menjalin silahturahmi antar komunitas bersepeda baik yang ada di Kulon Progo maupun dari luar kota serta untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Kulon Progo contohnya Makam Pura Pakualaman Girigondo, Temon.