Kontes Kambing Peranakan Etawa dan Sapi Putih

 

Kontes kambing peranakan etawa dan sapi putih diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan kulon progo bekerja sama dengan Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada di Pasar Hewan Baru, Kecamatan Pengasih (23/11/2017). Peserta kontes kambing Peranakan etawa mencakup wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sedangkan peserta kontes sapi putih hanya mencakup wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Peserta dari Kulon Progo terdiri dari setiap kecamatan, baik itu yang perorangan maupun kelompok yang sudah memiliki  surat keterangan atau surat pengantar dari ketua kelompok ternak atau dari desa bahwa hewan ternaknya sudah benar-benar dipelihara selama 6 bulan atau lebih. Acara dimulai pada pukul 06.30 WIB dengan proses awal kambing atau sapi yang akan dilombakan memenuhi syarat kuantitatif yaitu berat badan dan ukuran tubuh kemudian syarat kualitatif yaitu kebersihan badan dan keindahan serta tidak cacat. Ada 4 kategori kambing Peranakan etawa, yaitu pejantan, calon pejantan, induk, calon induk, dan ada 6 kategori sapi putih, yaitu pejantan, calon pejantan, induk, calon induk, penggemukan sapi putih, penggemukan sapi non putih. Untuk Juara terdiri dari juara satu, dua dan tiga.

Tujuan diadakannya acara tersebut untuk memotivasi masyarakat agar kembali melestarikan ternak sapi putih dan kambing Peranakan etawa. “Sapi putih di Kulon Progo populasinya semakin menurun karena kebanyakan masyarakat memilih ternak sapi persilangan yaitu sapi yang tidak tahan panas dan tidak menggunakan pakan jelek, sedangkan sapi putih sendiri lebih mudah pakannya dan tidak mudah terkena penyakit,maka itulah yang menjadi keunggulan dari sapi putih yang harus ditingkatkan populasinya ditingkatkan produktifitasnya, salah satu caranya dengan kontes ini dan harus dilestarikan” ujar Sumadi selaku koordinator juri sapi potong.”Acara ini sebagai bentuk apresiasi bagi peternak, dan nantinya hewan ternak itu tidak hanya sebagai hewan ternak saja tetapi juga menjadi mata pencaharian mereka” ujar Latifa panitia dari Fakultas Peternakan UGM.